BALIKPAPAN—Sejumlah pengurus partai politik peserta Pemilu 2019 menghadiri acara Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Kota Balikpapan dalam Pemilu tahun 2019 yang dilaksanakan di Aston Hotel Balikpapan, Rabu (07/02/2017).

 

Hadir pada acara Uji Publik ini diantaranya, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Syarifudin Odang, Kepala Kesbangpol Kota Balikpapan Ketut Rasna yang mewakili Walikota Balikpapan, pengurus Parpol, Dandim  0905 Balikpapan, dari Polres Balikpapan, Lanal dan Lanud Balikpapan dan Panwaslu Balikpapan serta sejumlah awak media.

 

Dalam uji publik tersebut, yang menjadi aganda utama adalah tentang penentuan jumlah pemilih dan usulan alokasi kursi disetiap kecamatan yang ada di Balikpapan. Di mana Balikpapan memilik 6 kecamatan yang masing masing kecamatan memiliki jumlah penduduk bervariatiaf. Sesuai dengan jumlah DAK2 dari Disdukcapil Kota Balikpapan, sebagai dasar perhitungan kursi di setiap dapil

Tergantung pada jumlah penduduk di setiap kecamatan.

 

Agenda utama Uji Publik ini adalah membahas usulan penataan Dapil dan aloksi kursi yang nantinya akan diserahkan ke KPU RI melalui KPU KPU Provinsi Kalimantan Timur. Untuk Kota Balikpapan, KPU Kota Balikpapan mengusulkan 6 (enam) Dapil yang terdiri dari :

No Dapil Dapil Total Alokasi Kursi Pileg 2014 Total Alokasi Kursi Pileg 2019
1  Kec. Balikpapan Timur KOTA BALIKPAPAN 1 5 5
2  Kec. Balikpapan Selatan KOTA BALIKPAPAN 2 9 9
3  Kec. Balikpapan Kota KOTA BALIKPAPAN 3 7 6
4  Kec. Balikpapan Tengah KOTA BALIKPAPAN 4 8 8
5  Kec. Balikpapan Barat KOTA BALIKPAPAN 5 7 6
6  Kec. Balikpapan Utara KOTA BALIKPAPAN 6 9 11
Jumlah 45 45