BALIKPAPAN—Kebutuhan perangkat komputer yang ada di sejumlah kantor Sekretariat Panitian Pemungutan Suara (PPS) dan kantor sekretariat Panitian Pemilihan Kecamatan dalam waktu dekat ini akan segera terpenuhi. Hal ini seperti dikatakan Kepala Bagian Pemerintahan Seketaris Daerah Kota Balikpapan Sayid Iqbal saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (20/02/2018).

 

Menurut Iqbal, dirinya sebelumnya sudah melaporkan adannya kerusakan sejumlah perangkat komputer yang rusak tersebut kepada Seketaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli beberapa waktu, saat KPU Kota Balikpapan menemukan ada sejumlah perangkat komputer yang tidak dapat digunakan. Padahal KPU Kota Balikpapan saat ini tengah disibukkan dengan penginputan data pemilih terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018.

 

Menyikapi hal ini, Pemkot Balikpapan terpaksa harus menyewa beberapa komputer. Dan tidak dapat membeli komputer baru, dikarenakan tidak dimasukkkan ke dalam Rencana Kerja Anggaran pada APBD tahun 2018 ini. “Ya, memang komputer komputer tersebut pengadaannya tahun 2013 yang lalu. Sehingga wajar mengalami kerusakan. Namun karena dibelum dianggarkan, mau tidak mau Pemkot harus menyewa komputer,” ujar Iqbal.

 

Ia juga mengatakan, dari seluruh kecamatan yang ada di Balikpapan, ada beberapa kecamatan yang komputernya masih layak digunakan. Namun ada pula yang sebagian tidak dapat digunakan. Seperti di Kecamatan Balikpapan Kota dari 6 unit komputer yang ada di sana, seluruhnya masih dapat digunakan. Namun untuk Kecamatan Balikpapan Selatan, ada 1 unit komputer yang masih bisa dipakai, namun ada 7 unit yang tidak bisa digunakan lagi.

 

Sementara itu, kecamatan lain yang komputernya mengalami kerusakan adalah Kecamatan Balikpapan Tengah, ada 5 unit komputer yang masih bisa digunakan dan 2 unit lagi tidak dapat digunakan. Begitu pula dengan Kecamatan Balikpapan Utara, dari 7 unit komputer yang ada ke 7 nya mengalami kerusakan. Sedang untuk Kecamatan Balikpapan Barat dari 7 unit komputer yang ada, seluruhnya masih bisa dipergunakan.

 

Sedang satu kecamatan lagi, sampai dengan saat ini belum ada informasi terkait adanya kerusakan komputer di kecamatan tersebut. “Hanya di Kecamatan Balikpapan Timur saja yang belum memasukan laporan. Sedang 5 kecamatan sudah memberikan laporan,” imbuh Iqbal lagi.

 

Mengenai pengadaan perangkat komputer di sejumlah Kantor Sekretariat PPK yang ada di kantor kantor kecamatan tersebut, Iqbal mengatakan bahwa dalam waktu dekat komputer tersebut segera terealisasi. “Paling tidak bulan Maret ini, komputer komputer tersebut sudah masuk. Yang jelas sekali lagi, komputer tersebut diadakan dengan cara menyewa,” pungkasnya.