BALIKPAPAN—Memasuki tahapan kampanye, KPU Kota Balikpapan menggelar rapat koordinasi dengan mengundang sejumlah stake holder dan  tim sukses dari 4 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim  yang digelar di Menara Hotel Bahtera, Senin (19/02/2018).

Pada Rakor tersebut, membuahkan beberapa point-point kesepakatan bersama dengan diikuti penandatanganan oleh seluruh peserta yang hadir. Seperti dari para Komisioner KPU Kota Balikpapan, Anggota Panwaslu Kota Balikpapan, Polres Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan, Danlanud Balikpapan, Danlanal Balikpapan, Pertamina, Dinas Pemukiman dan Perumahan, Dinas  Tata Kota, Satpol PP Kota Balikpapan serta sejumlah instansi terkait lainnya.

Dalam kesepakatan bersama itu, KPU menerbitkan Berita Acara bernomor : 44/PK.01.BA/02/KPU/II/2018 yang isinya diantaranya adalah, yang dimaksud dengan kampanye adalah dalam bentuk, rapat umum terbatas, tatap muka dan dialog,  Kampanye dalam bentuk lainnya seperti perlombaan, kegiatan kebudayaan, kegiatan olahraga dan kegiatan bazar. Serta kampanye melalui media sosial. Dalam poin ke dua di dalam Berita Acara tersebut juga disebutkan, jadwal dan lokasi kampanye ditentukan berdasarkan zonasi.

Kemudian  dalam Berita Acara tersebut juga tertuang  tentang lokasi pemasangan  Alat Peraga Kampanye atau APK berupa Baliho yang pemasangannya difasilitasi oleh KPU Kota Balikpapan yang dipasang di 5 titik. Untuk Kecamatan Balikpapan Timur  titik lokasi pemasangan APK adalah di Embarkasi Haji. Untuk Kecamatan Balikpapan Selatan titik lokasi pemasangan APK di lampu merah DOME. Untuk kecamatan Balikpapan  Tengah titik pemasangan APK berada di depan Mall Ramayana atau di perumahan Komplek Pertamina Tanah Abang. Untuk Kecamatan Balikpapan Barat titik lokasinya di depan Kantor Diklat Pertamina. Dan untuk Kecamatan Balikpapan Utara  titik pemasangannya di pertigaan Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo. Dan untuk pemasangan APK ini harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Seperti lebih memprioritaskan estetika dan tidak mengganggu ketertiban dan menjaga kebersihan.

Apabila dalam pemasangan APK ini ditemukan pelanggaran, maka akan dikenakan sanksi tertulis dan perintah penurunan APK dalam waktu 1 X 24 jam. Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 Tentang  Alat Peraga Kampanye, seperti yang tertuang pada ayat 2 dan ayat 4. Dan para Tim Sukses ini juga menyepakati bahwa apabila sudah diberikan peringatan dan tidak menurunkan APKnya dalam 1 X 24jam, maka Panwaslu Kota Balikpapan berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Balikpapan dengan dilakukan pengawalan oleh TNI/Polri untuk menurunkan APK tersebut.

Di point lain pada Berita Acara tersebut juga tertuang  tentang tidak diperkenankannya mengadakan pengerahan massa  atau mobilisasi massa dari zona atau wilayah lainnya. Serta untuk kantor sekretariat Tim Pemenangan pasangan calon mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan harus terdaftar di KPU Kota Balikpapan paling lambat pad tanggal 26 Februari 2018. Dan pemasangan APK di setiap sekretariat disesuai dengan jumlah dan bentuk yang telah ditentukan dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017.

Sedang untuk waktu pelaksanaan kampanye dari 4  pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur ini, telah disepakati melalui pengundian. Di mana untuk pasangan calon nomor urut 1 Andi Sofyan Hasdam – Nusyirwan Ismail di tabel nomor 1.

Untuk pasangan Syaharie Jaang dan Awang Ferdian di tabel 2. Untuk pasangan Rusmadi Wongso – Safaruddin  di tabel 3. Dan pasangan calon Isran Noor – Hadi Mulyadi berada di tabel 4. Kampanye berdasarkan zonasi ini  dimulai pada tanggal 23 Februari 2018.

Di bagian akhir Berita Acara tersebut, juga dilakukan penandatangan  bersama yang dilakukan oleh KPU Kota Balikpapan, Panwaslu Kota Balikpapan, stake holder yang terkait di Pemkot Balikpapan, mulai para Camat, para Kabag, seperti Kabag Humas, Kabag Perkotaan dan Pemukiman, Satpol PP dan ditandatangani pula oleh Polres Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan, Danlanal Balikpapan dan Danlanud Balikpapan.

Untuk melihat jadwal lengkap silahkan DOWNLOAD DISINI