BALIKPAPAN – Setiap Pelaksanaan  Pemilihan Kepala Daerah atau Pemilihan Umum  ada 1 ( satu ) Tahapan  Penting  yaitu Pemutakhiran dan Pendaftaran pemilih . Untuk Kota Balikpapan sendiri telah melaksanakan tahapan pemutakhiran  daftar pemilih yang lebih familiar dengan sebutan Coklit ( pencocokan dan penelitian ) yang dilaksanakan oleh Petugas pemutakhiran Daftar pemilih ( PPDP ) selama kurun waktu 1 ( satu ) bulan , dimulai pada tanggal 20 Januari 2018 yang ditetapkan pula  menjadi  Hari coklit serentak di  171 daerah yang  melaksanakan pilkada serentak 2018 , hingga tanggal 18 februari 2018 PPDP  melaksanakan  Coklit langsung secara  door to door  ke pemilih .

Dan sesuai PKPU Nomor  1 tahun 2017  sejak tanggal  5 – 7 maret 2018 , seluruh PPS di 34 kelurahan melaksakan Rapat Pleno terbuka  Rekapitulasi  daftar  Pemilih hasil pemutakhiran  ( DPHP ) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 .

Pelaksanaan  Rapat Pleno rekapitulasi DPHP ini dilaksanakan oleh PPS  dan dihadiri oleh Pengawas Kelurahan , Saksi Pemenanganan  pasangan calon 1 – 4  , PPDP , Pihak kelurahan  dan dimonitoring langsung oleh Komisioner KPU Balikpapan di sertai Staf sekretariat  KPU Kota Balikpapan dan PPK sesuai wilayah kerja .

Rapat Pleno Rekapitulasi  Daftar pemilihan hasil pemutkahiran ini tidak saja dilaksanakan oleh PPS tetapi secara berjenjang ke atas , dimana untuk Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) akan melaksanakan Rapat Pleno DPHP pada tanggal 8 – 9 maret 2018 di 6 ( enam ) kecamatan  yang ada di kota balikpapan . Untuk pelaksanaan Rapat pleno di PPK sebagai pelaksana adalah ketua dan anggota ppk yang dihadiri oleh : Sakti Tim Pemenangan Pasangan Calon 1 – 4, Panitia Pengawas Kecamatan ,KPU Kota Balikpapan , pihak Kecamatan  , PPS dan  Stake Holder lainnya .

Sementara untuk Di KPU Kota Balikpapan sendiri Rapat Pleno Daftar pemilih  hasil pemutakhiran ( coklit ) akan dilaksanakan pada tanggal 14 maret 2018 , selain melakukan rekapitulasi KPU Kota Balikpapan juga menetapkan DPHP menjadi  Daftar pemilih sementara ( DPS ) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 untuk Kota Balikpapan . Dimana rapat pleno ini dihadiri oleh saksi Tim pemenangan pasangan calon 1 – 4 , Panwaslu Kota balikpapan , Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan , Stake Holder ,  dan PPS se kota Balikpapan . Hasil Rapat Pleno DPS ini selanjutnya akan di serahkan ke KPU Provinsi Kalimantan Timur untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih sementara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 .