BALIKPAPAN—Setelah menanti cukup lama untuk pengadaan perangkat komputer dan printer yang ada di Kantor Sekretariat PPS dan PPK sekota Balikpapan, akhirnya Pemerintah Kota Balikpapan telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh KPU Kota Balikpapan.

Pengadaan komputer ini  sejatinya dipergunakan untuk para PPS dan PPK, untuk melakukan penginputan data kependudukan terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 . Di mana sebelumnya ada beberapa Kantor Sekretariat PPS dan PPK yang komputernya tidak layak dipergunakan.

Melihat kondisi ini, KPU Kota Balikpapan sempat melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan DPRD Kota Balikpapan seminggu lalu, dengan mengundang Kepala Bagian Pemerintahan, seluruh camat sekota Balikpapan, seluruh Ketua PPK sekota Balikpapan dan hadir pula Ketua Panwaslu Kota Balikpapan.

Akhirnya dalam dalam rapat tersebut, Pemkot Balikpapan akhirnya bersedia untuk melakukan pengadaan komputer lengkap dengan printernya. Hal ini seperti dikatakan Kepala Bagian Pemerintahan Seketaris Daerah Kota Balikpapan Drs Sayid Muhammad Iqbal Yahya. Menurutnya Pemkot sudah menyetujui pengadaan komputer tersebut dengan cara sewa yang dilakukan langsung oleh pihak kecamatan.  “Nah itu sudah disikapi oleh para camatnya, menggunakan sewa anggaran dari belanja barang kecamatan. Nanti pada saat APBD-P tahun 2018 akan kita ganti,” ujarnya

Iqbal juga mengatakan, bahwa pengadaan komputer dan printer ini akan dilakukan langsung oleh pihak kecamatan melalui rekanan yang jumlahnya hanya 1 rekanan saja. Sebab pengadaan komputer dan printer dengan sistem sewa ini jumlahnya tidak banyak. Sehingga tidak melalui sistem lelang terbuka. Ia juga menyebutkan bahwa pengadaan komputer dan printer di 2 kecamatan itu jumlahnya hanya mencapai 15 unit saja.