BALIKPAPAN—Ratusan mahasiswa dari 7fakultas di Universitas Balikpapan menghadiri acara sosialisasi yang diprakarsasi Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, yang digelar di Conference Room, Kampus Uniba, Selasa siang (20/03/2018).

Pada acara sosialisasi ini, hadir Rektor Universitas Balikpapan DR Piatur Pangaribuan SH MH dan 3 Komisioner KPU Kota Balikpapan, diantaranya, Endang Susilowati, Sunawiyanto serta Purwo Atmojo. Kehadiran mereka di hadapan ratusan mahasiswa siang itu, untuk melakukan sosialisasi tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 yang akan datang.

Dalam sambutannya Rektor Uniba menyatakan sangat mengapresiasi KPU Kota Balikpapan yang berupaya keras  merangkul pemilih muda, terutama di kalangan mahasiswa.

Pertemuan ini membahas tentang pentingnya keikutsertaan serta partisipasi di kalangan mahasiswa sebagai pemilih pemula. Baik dalam pemilihan kepala daerah tahun ini, maupun pemilihan umum yang akan digelar pada April tahun 2019 mendatang.

Pada kesempatan ini, masing masing komisioner memaparkan tentang pentingnya peranan pemilih pemula seperti di kalangan mahasiswa, agar tingkat partisipasi pemilih akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan oleh KPU Provinsi Kaltim, dengan target partisipasinya mencapai 77,5% suara.

Sosialisasi yang digagas KPU Kota Balikpapan ini sengaja dikemas dengan suasana santai. Sehingga ketika para komisioner memberikan paparannya, sama sekali tidak terlihat suasana tegang. Justru yang ada seluruh mahasiswa tampak antusias menyimak apa yang telah dipaparkan oleh Endang Susilowati dan Sunawiyanto sebagai komisioner KPU Kota Balikpapan.

Acara ini ditutup dengan pembuatan video pendek tentang tekad pemilih muda cerdas memilih yang siap mendukung Pemilu berkualitas  yang anti Hoax, anti politik uang dan anti SARA.