BALIKPAPAN—Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke Kantor KPU Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kamis (22/03/2018).

Pada kunjungan kerja tersebut juga dilakukan diskusi yang dihadiri 11 anggota dari Komisi I DPRD Kaltim didampingi 3 orang staffnya. Dengan dipimpin oleh Sekretaris Komisi Prof DR HM Jafar Haruna MS. Dan pada diskusi tersebut, hadir pula Komisioner KPU Balikpapan diantaranya, Endang Susilowati, Sunawiyanto, H Rudjito dan Purwo Atmojo. Dan turut pula hadir Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani serta seluruh Kasubbag KPU Kota Balikpapan.

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa hal yang menjadi bahan perbincangan terkait persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur. Diantaranya membahas hasil pendataan dan pencoklitan daftar pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP). Kesiapan pemasangan alat peraga kampanye dan kegiatan kampamnye. Termasuk membahas dana terkait tentang tahapan-tahapan yang telah dilakukan oleh KPU Kota Balikpapan. Terkait kiat-kiat sisialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim tahun 2018, baik yang sedang dilaksanakan ataupun yang akan dilaksanakan

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Prof DR HM Jafar Haruna MS mengatakan, bahwa dalam pertemuan ini pihaknya hanya ingin memantau sejauh mana KPU Balikpapan melakukan tahapan-tahapan dalam rangka mensukseskan jalannya pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

“Kunjungan kerja ini kami lakukan bukan hanya di KPU Kota Balikpapan saja. Tetapi seluruh KPU yang ada di kabupaten kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Untuk menyerap dan memonitoring apa saja yang telah dan yang akan dilakukan oleh KPU,” ujar Jafar Haruna lagi.

Lebih lanjut Jafar Haruna juga mengatakan, bahwa kunjungan kerjanya ke Kantor KPU Balikpapan diantaranya untuk mengetahui data pemilih, kesiapan teknis, kampanye, hingga semua tahapan termasuk nanti pada pemungutan suara. Menurutnya, KPU Kota Balikpapan sudah melakukan penjadwalan kampanye berdasarkan zona dan waktu. Yang diakuinya sudah cukup baik.

Kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Kaltim yang berlangsung selama 90 menit itu, lebih pada sesi diskusi dan tanya jawab dengan diakhiri mengunjungi Pusat Pendidikan Pemilih Rumah Pintar Pemilu Semayang KPU Kota Balikpapan, yang letaknya persis di samping Kantor KPU Kota Balikpapan.