BALIKPAPAN–Panglima Komando Daerah Militer VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji memberi pernyataan bahwa pihaknya akan all out dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018 ini.

Hal ini disampaikan Sonhadji kepada sejumlah awak media usai menghadiri acara tradisi penciuman Pataka yang digelar di Aula Kodam VI Mulawarman, Rabu (21/03/2018).

Menurut Jenderal berbintang 2 tersebut, Kodam VI Mulawarman akan mengerahkan 2/3 kekuatan dalam mendukung Polda Kaltim untuk melakukan pengamanan selama proses Pemilihan Gubernur berlangsung. Mulai dari proses kampanye, pencoblosah hingga perhitungan suara nanti.

“Ya kami akan memberikan dukungan penuh untuk membantu Polda Kalimantan Timur dalam melakukan pengamanan secara menyeluruh, mulai kampanye, perhitungan suara dan penetapan pasangan calon yang dinyatakan menang nantinya,” ujarnya.

2/3 keuatan yang dimaksud Pangdam adalah seluruh prajurit dari berbagai satuan. Mulai dari Koramil, Kodim, Korem, Bataliyon Infanteri serta seluruh satuan fusngsi lainnya yang ada di Kodam VI Mulawarman dan di seluruh wilayah Kodam yang ada di 10 kabupaten dan kota yang ada di Kaltim.

Selama proses Pilkada ini berlangsung, TNI dan Polri telah menurunkan pasukannya dan mereka selalu siap siaga dalam menghadapi apa bila ada hal hal yang berpotensi menganggu ketertiban umum.

“Intinya kami selalu siap. Dan tentunya disini tugas TNI adalah membantu Polda Kaltim di sepuluh kabupaten kota yang ada di Kaltim. Yang menggelar Pilkada tahun ini, Dan kami akan all out untuk melakukan pengamanan, agar Pilgub Kaltim ini berjalan lancar tanpa adanya gangguan apapun,” pungkas Sonhadji.