BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 yang dilaksanakan di Sea View Room, Menara Hotel Bahtera Balikpapan, Kamis malam (19/04/2018).

Hadir pada acara Rapat Pleno Terbuka dihadiri oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha beserta seluruh komisioner, Ketua Panwaslu Kota Balikpapan Ahmadi Azis beserta anggota, seluruh Ketua PPK sekota Balikpapan, perwakilan dari seluruh Tim Pemenangan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018.

Selain dihadiri oleh sejumlah penyelenggara dan pengawas Pemilu, juga hadir Staff Ahli Bidang Pemerintahan Seketaris Daerah Kota Balikpapan Arbain Side, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan Chairil Anwar, seluruh camat sekota Balikpapan serta hadir pula sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pejabat Daerah.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, proses penetapan DPT melalui tahapan yang lumayan panjang, dimulai dari tahapan Coklit, ke Daftar pemilis Sementara (DPS) sampai ke DPT. Operator yang bertugas menginput data pemilih ini selain dari KPU juga dari salah satu anggota PPK yang ditugaskan oleh KPU untuk membantu menginput data pemilih berdasarkan wilayah masing-masing. Semua operator bekerja dari pagi sampai malam untuk menghasilkan daftar pemilih yang baik.

Ia juga mengatakan, dalam penentuan DPT ini, telah ditetapkan jumlah DPT sebesar 414.357 pemilih. Di mana jumlah pemilih laki-laki sebesar 207.912 dan jumlah pemilih perempuan sebesar 206.445 yang terdiri dari 6 kecamatan dan 34 kelurahan di Balikpapan.

Usai ditetapkannya DPT ini, KPU Balikpapan akan melanjutkan ke KPU Provinsi Kalimantan Timur yang dalam waktu dekat akan menerbitkan DPT untuk tingkat provinsi. Acara penetapan DPT ini diakhiri dengan penyerahan berita acara yang dilakukan langsung Ketua KPU Kota Balikpapan kepada Panwaslu Kota Balikpapan serta tim pemenangan dari seluruh pasangan calon.