SETAHUN JELANG PEMILU 2019 , KPU RI LAUNCHING MASKOT DAN JINGLE PEMILU SERENTAK 2019 DALAM PAGELARAN SENI BUDAYA

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan menggelar pagelaran seni Budaya  yang di ikuti oleh seluruh partai politik peserta pemilu 2019, panwaslu kota Balikpapan dan instansi terkait di lapangan Merdeka Kota Balikpapan, hari Sabtu pagi hingga malam ( 21/04/2018 )

 

Walau hujan  deras namun acara pagelaran seni budaya tetap dilaksanakan sesuai rencana , tak mundur sejengkal langkah pun . Hadir dalam acara pembukaan ini Plt Walikota Kota Balikpapan Bapak H Rahmad Masud, Forum Pimpinan Daerah, Ketua dan Anggota KPU Kota Balikpapan, Ketua dan Anggota Panwaslu Kota Balikpapan, 14 ketua partai politik peserta pemilu serentak 2019  minus Partai Nasdem dan PKPI yang tidak bisa hadir, perwakilan segmen disabilitas, perwakilan komunitas, perwakilan pemilih perempuan, perwakilan lintas agama, perwakilan paguyuban budaya di Balikpapan, perwakilan pengurus BEM Universtas se kota Balikpapan serta siswa – siswi SLTA se kota Balikpapan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Bapak Noor Thoha menyampaikan dalam sambutannya , kegiatan pagelaran seni budaya ini di gelar secara serentak diseluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia . Dengan inti acara mensosialisasikan pelaksanaan pemilu serentak 2019 dan partai politik peserta pemilu 2019 .

“Acara ini digelar secara serentak di semua KPU se tanah air, untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pada 17 april 2019 akan dilaksanakan pemilihan umum memilih presiden dan wakil presiden , serta pemilihan anggota legislatif. Saya juga memohon kepada semua pengurus partai politik agar bisa mensosialisasikan juga hal ini kepada semua anggotanya  juga kepada masyarakat tentang pelaksanaan pemilu serentak 17 April 2019 .” ujar Noor Thoha .

Sementara itu Plt Walikota Balikpapan, Bapak H Rahmad Masud dalam sambutannya  mengatakan, agar pada pemilu 2019 nanti seluruh pengurus partai politik turut menyemarakkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut  serta menguatkan silahturahmi dan komunikasi terhadap semua pihak yang terkait dengan hal ini, beliau juga berpesan  agar pada pemilu 2019 nanti para pengurus partai politik menjaga keamanan kota balikppan, “saya sangat memohonkan agar pada  pemilu 2019 nanti, para pengurus partai politik menjaga kondusifitas kota Balikpapan. Jagalah kota kita ini dan saya pesan pemilu dapat berjalan aman dan damai ,” ujarnya.

Usai Acara sambutan, acara dilanjutkan dengan Pagelaran seni Budaya  sebagai pembuka, tamu undangan di suguhi gerak tari dan parade bendera partai pemilu peserta pemilu serentak 2019. Gerak Tari ini di komandani langsung oleh ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati dengan  75  orang peserta yang terdiri dari PPK, PPS dan sejumlah siswa – siswi SMK yang sedang melaksanakan Praktek Kerja di KPU Kota Balikpapan. Di tengah derasnya hujan tak menyurutkan semangat mereka untuk menampilkan gerak tari pemilu serentak dengan di iringi lagu Bendera dari grup Band Coklat  semua peserta gerak tari memasuki lapangan dengan berlari sembari mengibarkan bendera merah putih dan bendera partai politik. Lalu dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Pemilu yang selama ini sangat jarang diperdengarkan, dilanjutkan dengan Jingle Pemilu 2019 AYO MEMILIH  yang di nyanyikan oleh Kikan  Vokalis Band Coklat, ditengah gerak tari ikut di launching juga Maskot pemilu 2019 yaitu SI SURA.

Setelah penampilan  gerak Tari Massal AYO MEMILIH selesai, acara dilanjutkan dengan mempersembahkan beragam budaya indonesia, seperti tari daerah, Madihin, Qosidah, Debus, Barongsai, Musik Gambus hingga penampilan grup Musik Sape. Selain yang berbau Tradisional, pagelaran seni ini juga menampilkan music akustik, stand up comedy, tari kreasi, Nasyid, Puisi hingga lagu. Acara hiburan ini persembahan dari  partai politik ,dan penyelenggara pemilu .

Selain persembahan Tari dan Seni Budaya lainnya, acara juga dimeriahkan dengan tenda – tenda pameran atau bazar yng di ikuti oleh 14 patai politik kerena 2 partai ( Nasdem dan PKPI ) tidak dapat hadir . Stand / tenda pameran ini selain dihiasi dengan gambar parpol juga masing – masing ketua  atau juru bicara menyampaikan orasi singkat terkait gambar, nomor juga visi misi partainya .

Tepat pukul 22.00 WITA, acara di tutup oleh ketua KPU Kota Balikpapan didampingi oleh ketua Panwaslu kota Balikpapan dan seluruh ketua partai politik yang hadir. Di iringi lagu Kemesraan menyatuka tekad untuk selalu bersama bergandenga tangan menjaga kondusifitas kota juga kerukunan antara sua pihak untuk bersama mensukseskan pemilu serentak Tahun 2019, bukan hanya menjadi Tugas KPU Kota Balikpapan saja namun juga menjadi tugas smua pihak untuk dapat menyukseskan pemilu serentak 2019 dengan meningkatkan pendidikan pemilih kepada masyarakat juga keperdulian masyarakat akan pentingnya Hak Piih  mereka.