BALIKPAPAN—Ratusan orang yang terdiri dari keluarga besar KPU Kota Balikpapan, ketua dan anggota  PPK dan PPS sekota Balikpapan, sejumlah warga serta pengurus dari seluruh partai politik mengikuti kegiatan jalan sehat yang digelar di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Minggu pagi (22/04/2018).

 

Jalan sehat ini digelar dalam rangka mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur pada 27 Juni 2018 yang akan datang. Hadir pada acara itu diantaranya Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta YAP SIK, Assisten I Sekdakot Balikpapan Syaiful Bachri, Ketua KPU Provinsi Kaltim Muhammad Taufik, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha beserta seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan, ketua dan pengurus partai politik peserta pemilu 2019, PPK dan PPS sekota Balikpapan, segmen pemilih pemula, segmen difable, komunitas dan  serta warga sekitar kantor KPU Kota Balikpapan.

 

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam sambutannya mengatakan, acara jalan sehat ini sengaja digelar untuk mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimntan Timur yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 yang akan datang. “Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh warga Balikpapan bagi yang sudah terdaftar sebagai pemilih dan memiliki hak suara, agar beramai-ramai datang ke TPS untuk turut serta memilih calon gubernur dan wakil gubernur yang sesuai dengan hati nurani. Sampaikan pula pesan ini kepada warga yang lain, bahwa pada 27 Juni nanti akan ada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur,” ujar Noor Thoha.

 

Sementara itu Asisten I Sekdakot Balikpapan, Syaiful Bachri dalam amanat PLT Walikota Balikpapan yang dibacakannya menyampaikan bahwa, Pemkot Balikpapan menyambut baik gelaran jalan sehat yang diprakarsai KPU Kota Balikpapan ini. Pemkot Balikpapan juga memberikan apresiasi penuh atas gelaran jalan sehat tersebut. “Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KPU Kota Balikpapan, atas pelaksanaan jalan sehat ini. Ini tak lain bertujuan agar pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltim pada 27 Juni dapat berjalan dengan baik dengan tingkat partisipasinya yang tinggi,” ujar Syaiful Bachri.

 

Menariknya paca acara jalan sehat ini, banyak sekali hadiah yang disediakan KPU Kota Balikpapan dan BRI selaku mitra perbankan pelaksanaan Pilgub Kaltim 2018 ini. Hadiah ini diperuntukan kepada mereka yang beruntung melalui kupon yang sebelumnya telah dibagikan kepada seluruh peserta jalan sehat. Hadiah hadiah itu diantaranya 4 unit sepeda, 2 unit lemari es, 2 unit LCD TV, mesin cuci sejumlah hand phone, voucher menginap di beberapa hotel berbintang di Balikpapan serta puluhan hadiah menarik lainnya.

 

Pada acara jalan sehat ini, juga ada sejumlah peserta dari kalangan disabilitas. Yaitu dari Komunitas Unspoken Balikpapan yaitu kalangan berkebutuhan khusus yakni anak-anak muda tuna rungu. Mereka hadir dan berbaur kepada warga. Para tuna rungu ini tampak menyimak dengan seksama ketika pembawa acara membacakan kupon yang telah diundi untuk mendapatkan door prize. Hebatnya diantara tuna rungu ini ada mendapatkan hadiah berupa mesin cuci, LCD TV, hand phone dan voucher menginap di hotel.

 

Selain memberikan sejumlah door prize, acara ini juga diselingi dengan hiburan live musik. Moment ini tentu saja dimanfaatkan warga untuk dan keluarga besar KPU Kota Balikpapan. Mereka tampak bergembira di depan panggung seraya berjoget bersama. Walau siang itu cuaca sedang terik-teriknya tak menyurutkan peserta beramai-beramai berjoget bersama peserta jalan sehat lainnya.