BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, mulai hari ini (29/4), sampai dengan 26 Juni 2018 yang akan datang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekota Balikpapan telah melakukan penempelan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018. Penempelan DPT tersebut akan dipajang di papan pengumuman yang ada di seluruh kelurahan sekota Balikpapan. Dan KPU juga menyerahkan DPT ke seluruh RT untuk ditempel di tempat – tempat strategis di wilayah RT sekota Balikpapan.
Hal ini sengaja dilakukan KPU Kota Balikpapan, dengan tujuan agar warga dapat melihat langsung pengumuman DPT tersebut sekaligus bertujuan agar warga dapat melihat langsung apakah namanya sudah terdaftar dalam DPT yang ditempel di papang pengumuman tersebut.
Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati mengatakan, pihaknya menghimbau masyarakat, agar datang ke kantor kelurahan tempat mereka tinggal. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah warga sudah tercantum namanya dalam DPT. “Silahkan di cek apakah bapak/ibu/sdar/sdri/kakak/adik sudah terdaftar atau belum. Kalaupun tidak mau repot-repot datang ke Kelurahan sekedar melihat pengumumannya,” ujar Endang Susilowati.
Endang juga menghimbau kepada kalangan pemilih pemula dan warga yang tergabung dalam berbagai komunitas anak muda, bahwa untuk mengetahui namanya terdaftar dalam DPT tidak mau repot-repot bisa juga melihat portal resmi milik KPU Kota Balikpapan dengan mengunjungi website www.infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018. Di website tersebut ditampilkan DPT Pilgub Kaltim 2018.
Ia juga menyampaikan, bahwa masyarakat Balikpapan juga punya peran untuk menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat Balikpapan lainnya, agar pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 nanti agar datang ke TPS untuk mencoblos. Di mana waktu yang ditentukan adalah pada hari Rabu, 27 Juni 2018 mulai pukul : 07.00 s/d 13.00 Wita daengan membawa KTP elektronik atau Surat Keterangan. Ia juga berpesan agar warga mencoblos sesuai denga hati nurani dengan berpatokan kepada visi misi calon. “Karena masa depan Kaltim ada di tangan kita , satu suara menentukan masa epan Kaltim 5 tahun ke depan,” ujar Endang Susilowati.