BALIKPAPAN—Sejumlah pelajar yang tergabung dalam Organisasi Cakep Indonesia melakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Semayang Balikpapan, Minggu (29/04/2018).

 

Kunjungan anggota Cakep Indonesia ke RPP Semayang ini sengaja mereka lakukan untuk mengetahui tentang apa itu Pemilu. Di mana di dalam RPP Semayang ini tersedia beragam informasi tentang kepemiluan. Diantaranya adalah tentang sejarah Pemilu, proses tentang pencoblosan serta berbagai informasi tentang Pemilu atau pun Pilkada.

 

Di dalam ruangan RPP Semayang ini juga ada ruang Audio Visual. Ruangan ini didesain layaknya sebuah bioskop berukuran kecil. Di dalam ruangan ini para siswa yang tergabung dalam Cakep Indonesia sempat menyaksikan film dokumentar tentang sejarah Pemilu di Indonesia.

 

Selain menyaksikan film dokumentar tentang sejarah Pemilu, para siswa ini juga memasuki ruang media center. Di ruangan ini para siswa melakukan diskusi dengan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati. Dan hadir pula Kasubbag Teknis KPU Kota Balikpapan RR Suprasmi Retnaninggsih SE. Di dalam ruangan ini pula para siswa sempat berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang kepemiluan.

 

Di hadapan sejumlah anggota Cakep Indonesia, Noor Thoha memberikan penjelasan tentang proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 yang saat ini tengah memasuki tahapan kampanye. Ia juga memberikan informasi tentang profil ke 4 pasang calon yang siap dipilih dalam kontestasi pemilihan gubernur yang akan digelar pada 27 Juni 2018 yang akan datang.  “Jadi nanti saat pencoblosan adik-adik sekalian akan mencoblos satu dari 4 pasangan calon tersebut. Untuk itu adik-adik pelajari dulu  visi dan misi dari masing-masing pasangan calon. Silahkan buka website KPU, di sana ada visi-misi masing masing pasangan calon. Sehingga saat pencoblosan nanti adik-adik tidak kebingungan siapa yang akan dipilih,” pesan Noor Thoha.

 

Organisasi Cakep Indonesia ini merupakan sebuah organisasi yang anggotanya seluruhnya adalah pelajar dan masyarakat umum. Cakep Indonesia atau kepanjangannya adalah Citarasa Kebaikan Pelajar merupakan sebuah gerakan yang memberikan apresiasi, motivasi, dan fasilitas bagi siapapun khususnya kalangan pelajar, yang memiliki pikiran, niat ataupun kegiatan apapun yang sifatnya berbuat kebaikan.

 

Cakep Indonesia lahir tanggal 1 September 2013 dan dilaunching serentak di 6  Kabupaten dan kota  di Indonesia. Kota-kota yang menginisiasi gerakan ini adalah Bekasi dan Bogor di Jabar, Cilacap dan Kebumen di Jateng, Kota Jogja di DIY, dan Kota Malang di Jawa Timur. Dan Balikpapan juga turut serta dibentuk yang anggotanya hingga saat ini berjumlah 80 orang

 

Untuk Balikpapan sendiri, Cakep Indonesia diisi oleh kalangan pelajar dan masyarakat umum. Awalnya Cakep Indonesia diisi oleh seluruhnya pelajar. Namun seiring berjalannya waktu, para siswa yang dulunya masih sekolah kemudian lulus masih bisa dijadikan anggota. Ini dilihat adanya beberapa anggota yang sudah berkeluarga dan masih aktif sebagai anggota Cakep Indonesia.

 

Usai melakukan kunjungan dan melakukan dialog, para siswa ini melakukan foto bersama dengan Ketua dan Komisioner KPU Balikpapan. Mereka  mengaku puas setelah berkunjung ke RRP Semayang. Menurut mereka, RPP tersebut dapat memberikan gambaran secara langsung tentang kepemiluan, mulai dari sejarah pemilu hingga proses pencoblosan yang disajikan dalam bentuk maket. Pada kesempatan itu pula sejumlah perwakilan anggota Cakep Indonesia membubuhi tandatangannya ke papan yang telah disediakan. Mereka mengaku bahwa RPP Semayang milik KPU Kota Balikpapan ini ruangannya bagus dan sangat informatif serta bernuansa edukatif.