BALIKPAPAN—Pemberlakuan cuti bersama dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri 1439 H bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan sudah berjalan mulai berjalan hari ini 11 Juni hingga 20 Juni 2018 mendatang. Namun cuti bersama di lingkungan Pemkot ini rupanya tidak berlaku bagi seluruh pegawai yang berdinas di Kantor KPU Provinsi Kalimantan Timur dan seluruh Kantor KPU yang ada di Kaltim, termasuk KPU Kota Balikpapan.

 

Tidak berlakunya cuti bersama di lingkungan KPU Kota Balikpapan ini berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 6 Tahun 2018, Tentang “Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019 Pada Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018”.

 

Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2018 yang ditandatangani Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, tertanggal 4 Juni 2018 tersebut juga dibubuhi tandatangan Ketua KPU RI, Arif Budiman.

 

Dalam Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2018, disebutkan pada point E, yang isinya adalah : Pada hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 agar Ketua/Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota tetap masuk kerja, untuk melaksanakan tahapan sesuai dengan jadwal tahapan Pemilihan Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah serentak tahun 2018 dan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019 yang telah ditetapkan.

 

Praktis setelah diterbitkannya Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2018, mulai dari Ketua dan Komisioner KPU, Sekretaris KPU serta seluruh pegawai negeri atau ASN yang ada di lingkungan Kantor KPU, tenaga pembantu serta tenaga pendukung tetap bekerja seperti biasa. Ini justru berbanding terbalik dengan para PNS yang  ada isntansi lain, yang para pegawainya mendapatkan cuti bersama hingga pada 20 Juni 2018.

 

Pada hari ini saja, seluruh komisioner, para Kasubag dan pegawai ASN serta tenaga pembantu dan  tenaga pendukung, melakukan pengesetan surat suara. Pengesetan ini dilakukan untuk dilakukan perhitungan ulang setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang sudah dilakukan beberapa waktu.

 

Selanjutnya, usai melakukan pengesetan suara ini berdasarkan jumlah DPT di setiap TPS. KPU Kota Balikpapan hanya tinggal melakukan pendistribusiannya saja. Yang waktunya paling lambat 3 hari sebelum pencoblosan. Saat melakukan pengesetan surat suara, KPU dibantu oleh para anggota PPK dari Kecamatan Balikpapan Barat dan Kecamatan Balikpapan Timur, Senin (11/06/2018).

 

Komisioner KPU Kota Balikpapan H Rudjito mengatakan, pengesetan ini dilakukan secara bertahap. Untuk hari Senin ini saja dilakukan pengesetan surat suara untuk wilayah Balikpapan Barat dan Balikpapan Timur. “Jika sudah selesai hari ini, maka akan disambung keesokan harinya. Ini bisa memakan waktu 5 hingga 6 hari. Makanya di KPU ini tak mengenal cuti bersama,” ujar H Rudjito.

 

Sementara itu Sekretaris KPU Kota Balikpapan, Drs Syahbrani mengungkapan, dengan diterbitkannya Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2018 tentang masuknya seluruh pegawai dan anak buahnya bekerja seperti biasa di saat momen cuti bersama. “Kami ini kan ASN. Jadi apa yang diperintahkan ya kita wajib mentaati, terlebih ini perintah berdasarkan Surat Edaran dari KPU RI. Ya jadi kita wajib mentaatinya. Perkara instansi lain yang saat ini sudah cuti bersama, menurut saya itu bukan hal yang perlu dipersoalkan. Biasa saja,” ujar Syahbrani.