BALIKPAPAN—Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Pramono Ubaid Thantowi melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Timur. Sabtu sore (09/06/2018).

 

Kunjungan Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Thantowi  ke Kaltim ini adalah untuk melihat terkait dengan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018. Sebagai sample kesiapan pelaksanaan Pilgub Kaltim ditunjuk KPU Kota Balikpapan dan KPU Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

Terkhusus untuk KPU Penajam Paser Utara, yang kali ini  menggelar dua pemilihan kepala daerah sekaligus. Yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara.

 

Ia mengaku selama meninjau langsung ke kantor KPU Kota Balikpapan dan KPU Kabupaten Penajam Paser Utara tidak ditemukan adanya permasalahan serius. “Alhamdulillah saya liat tidak ada masalah yang serius. Teman teman di daerah ini sudah siap untuk menggelar Pilkada. Khususnya di Penajam, di daerah inikan ada dua agenda pemilihan sekaligus. Saya pantau teman teman di Penajam juga sudah siap,” ujarnya.

 

Pada kesempatan ini pula, Pramono Ubaid Thantowi menyempatkan diri untuk menyaksikan langsung petugas PPS untuk melakukan verifikasi faktual dukungan bagi Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) untuk Daerah Pemilihan Kalimantan Timur di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur.

 

“Senang sekali hari ini (09/06/2018) saya bisa melihat dari dekat perkembangan verifikasi faktual dukungan calon angota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Pemilu 2019 di Kota Balikpapan, Kaltim. Dari pengamatan saya, tugas ini sudah dipahami dengan cukup baik oleh PPS, PPK maupun jajaran KPU Provinsi/Kabupapten/Kota,” ujar Pramono.

 

Ia juga mengatakan jika orang yang akan diverifikasi tidak bise temui pada kesempatan pertama dan jika bisa ditemui tapi tidak mendukung atau mendukung sang calon. “Dalam kesempatan tadi saya juga melihat tingkat kesiapan teman-teman KPU Provinsi Kaltim dalam menyelenggarakan Pilgub Kaltim 2018, serta tahapan Pemilu 2019. Secara umum penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah berjalan dengan baik. Demikian juga logistik, seperti surat suara, kotak suara, bilik suara dan lain lain sudah siap,” ujarnya

 

Kehadiran Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Thantowi  saat melakukan kunjungan ke KPU Kota Balikpapan dan KPU Kabupaten Penajam Paser Utara ini didampingi oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Taufik beserta 3 komisioner KPU Kaltim. Serta hadir pula Ketua Bawaslu Provinsi Kaltim beserta seluruh anggota. Dan juga hadir Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha beserta seluruh komisionernya. “Mudah-mudahan seluruh jajaran KPU dapat membagi konsentrasi dengan baik antara penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Karena dua duanya adalah agenda politik nasional yang sangat penting bagi masa depan demokrasi Indonesia,” pungkas Pramono.