BALIKPAPAN—Memasuki tahapan verifikasi faktual dukungan bagi Bakal Calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Provinsi Kalimantan Timur. KPU Kaltim dan KPU Kota Balikpapan melakukan verifikasi faktual dukungan dengan melakukan kunjungan langsung kepada sejumlah pendukung bagi 30 orang bakal calon DPD RI.

 

Hal ini seperti dilakukan KPU Kota Balikpapan. Di mana dari 30 bakal calon anggota DPD RI Dapil Kaltim ini untuk wilayah Balikpapan ad 50% dari 2.000 jumlah minimal dukungan warga dari 10 kabupaten kota di Kalimantan Timur.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, verifikasi faktual dukungan ini diambil secara acak. Dengan cakupan 50% setiap daerah yang ada di Balikpapan dengan mengunjungi alamat pendukungnya. “Disana nanti kita tanyakan, apakah pendukungnya itu benar benar mendukung bakal calon anggota DPD RI yang dimaksud,” ujar Noor Thoha saat ditemui di ruang kerjanya, sabtu (09/06/2018).

 

Lebih lanjut Noor Thoha mengatakan, jika yang disampling atau yang akan dikunjungi itu tidak ditemukan. Maka tim pendukung wajib menghubunginya atau bisa pula datang ke kantor KPU Kota Balikpapan. “Verifikasi faktual dukungan ini juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan video call. Di situ nanti petugas kami akan mewawancarai apakah benar yang bersangkutan mendukung si A sebagai calon anggota DPD RI,” imbuh Noor Thoha lagi.

Verifikasi faktual dukungan untuk bakal calon Anggota DPD RI untuk daerah pemilihan Provinsi kalimantan Timur ini akan berlangsung hingga tanggal 19 juni yang akan datang. Setelah melakukan tahapan verifikasi faktual dukungan nanti, KPU Provinsi Kaltim akan melakukan rapat pleno, untuk memutuskan siapa saja yang akan lolos pada tahap berikutnya. “Yang jelas untuk anggota DPD RI setiap provinsi yang lolos hanya 4 orang saja. Ini berlaku semua provinsi di Indonesia, bahwa anggota DPD RI hanya 4 orang saja,” pungkas Noor Thoha.