BALIKPAPAN—Sejumlah logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 secara keseluruhan sudah berada di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan.

Logistik Pilgub tersebut di antaranya, tinta, surat suara, bilik suara serta sarana pelengkap lain yang ada di TPS dan kotak suara yang sudah ada sejak awal. Kotak suara ini sebelumnya telah digunakan saat pemilihan walikota Balikpapan tahun 2016 silam.

Sejumlah warga tampak melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara (Foto : Alfian Tamzil)

Seperti surat suara misalnya, yang berjumlah 425.514 itu kemudian dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan oleh warga yang jumlahnya mencapai 104 orang. Yang pelaksanaannya dilakukan selama 4 hari terhitung dari hari Sabtu tangal 26 Mei hingga hari Selasa 29 Mei 2018.

Dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara ini KPU Kota Balikpapan melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini sudah biasa dilakukan KPU Kota Balikpapan apabila ada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah ataupun Pemilu, tenaga penyortiran dan pelipatan surat suara selalu melibatkan warga di luar KPU Balikpapan.

Dalam penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut, dari yang sebelumnya berjumlah 425.514, telah ditemukan surat suara yang rusak berjumlah 1500, sehingga jumlah surat suara yang kondisinya baik berjumlah : 423.304. Dengan rincian surat suara yang kurang dalam pengiriman berjumlah 338. KPU Kot Balikpapan telah mengirim surat permohonan tambahan surat suara sebanyak 2.238 lembar dan tambahan susulan sebanyak 499 lembar surat suara dari hasil rapat pleno penataan ulang DPT tertanggal 9 Juni 2018.

Begitu pula dengan bilik suara, juga sudah tiba di Balikpapan pada hari Rabu 6 Juni 2018. Jumlah bilik suara ini secara keseluruhan adalah 2730 lembar. Yang dikemas dalam satu koli terdiri 10 lembar. Sehingga jumlahnya ada 273 koli.

Logistik Pilgub 2018 yang sudah datang di kantor KPU Kota Balikpapan lainnya adalah : Tinta jari sebanyak 2.726 botol. Segel sebanyak 43.623. Bantalan berjumlah 2.000 buah, ini masih kurang sebanyak 726 buah. Kemudian Tamplate sebanyak 1.363 buah. Hologram sebanyak 5.452 lembar.

Kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara. (Foto : Alfian Tamzil)

Selain bilik suara, ada pula layer. Layer ini adalah kertas penyangga untuk bilik suara. Jumlahnya mencapai 5460 buah. Yang dikemas dalam 1 koli berisi 50 buah. Ditambah 1 koli lagi berisi 10 buah. Sehingga total keseluruhannya adalah 5460.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati mengatakan, setelah melakukan penyortiran surat suara, maka selanjutnya akan dilakukan setting surat suara berdasarkan DPT di masing masing TPS. Dilanjutkan dengan pemackingan surat suara beserta kelengkapan logistik pemungutan dan perhitungan suara lainnya ke dalam kotak suara sesuai dengan TPSnya.

“Setelah penyetingan logistik Pilgub Kaltim 2018, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara selesai dilaksanakan, maka dilanjutkan dengan pendistribusian ke PPS di 34 Kelurahan untuk kemudian didistribusikan ke TPS pada H – 1,” ujar Endang Susilowati selaku Komisoner KPU Kota Balikpapan yang membidangi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas).

Kegiatan sortir dan lipat Surat Suara (foto : Alfian)

Ia juga menyebutkan, sebelum didistribusikan, surat suara terlebih dulu dilakukan pengepakan untuk diserahkan ke semua PPS seBalikpapan. Sedang untuk bilik suara akan di rakit di masing masing TPS. “Kalau kotak suara kita sudah siap, jumlah 1500 buah. Itu juga nanti akan didistribusikan ke PPS PPS yang waktunya saling beririsan,” imbuhnya.

Mengenai waktu pendistribusian segala kelengkapan pencoblosan di TPS ini akan dilakukan paling lambat 1 hari sebelum pencoblosan semuanya sudah siap di TPS. “Jadi pendistribusiannya bisa jauh hari sebelumnya. Yang jelas 1 hari sebelum pencoblosan semua sudah siap,” pungkas Endang Susilowati.