BALIKPAPAN—Suasana suka cita tampak terasa saat Keluarga Besar Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan mengadakan acara Halal Bil Halal yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Minggu siang (17/06/2018).

 

Hadir pada acara Halal Bil Halal tersebut diantaranya Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, 4 Komisioner KPU Kota Balikpapan seperti Purwo Atmojo, H Rudjito, Sunawiyanto dan Endang Susilowati. Selain itu, hadir pula Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani, seluruh Kasubbag, seluruh pegawai, mulai dari staff, tenaga pembantu atau honorer hingga tenaga pendukung turut hadir pada acara halal bil halal tersebut.

 

Selain dihadiri oleh keluarga besar KPU Kota Balikpapan, juga hadir seluruh ketua, sekretaris dan anggota dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 6 kecamatan yang ada di Balikpapan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 34 kelurahan sekota Balikpapan. Mereka tampak berbaur dan saling bersalaman, seraya membentuk barisan secara spontan dan saling berjabat tangan dengan Ketua dan Komisoner beserta sekretaris KPU Kota Balikpapan.

 

Sebelum acara saling bersalaman ini dilakukan, sempat ada tausyiah yang dibawakan oleh Ustadz DR Sartono Mpd. Kehadiran Ustadz Sartono mampu membawa suasana semakin hangat. Bahkan seluruh undangan tampak antusias menyimak isi ceramah yang dibawakannya.

 

Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani mengatakan, acara Halal Bil Halal keluarga besar KPU Kota Balikpapan ini sengaja digelar usai pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Balikpapan. “Ya kami sengaja menggelarnya usai acara rapat pleno ini dilaksanakan. Kebetulankan ini semua hadir. Mulai dari KPU sendiri hadir seluruhnya, PPK dan PPS juga hadir. Momennya juga pas. Masih suasana lebaran,” ujar Syabrani.

 

 

Ia juga menambahkan pelaksanaan halal Bil Halal ini sengaja digelar lebih awal. Di mana biasanya acara serupa digelar seminggu atau dua minggu setelah lebaran. “Kami memang sengaja menggelarnya hari ini. Sebab jika digelar nanti-nanti, kegiatan kami di KPU saat inikan sedang padat-padatnya. Kan tanggal 27 Juni  sudah pencoblosan. Maka dari itu kami sangat sibuk  mempersiapkan diri  untuk persiapan pemungutan suara tersebut, mulai dari hari ini hingga selesai Pilgub nanti,” imbuhnya.

 

 

 

Kesibukan KPU Kota Balikpapan saat ini hingga perhitungan suara nanti, seolah tiada putus. Dalam satu bulan belakangan ini saja, hari demi hari selalu saja ada kegiatan. Mulai dari penyortiran surat suara, pelipatan surat suara, pengesetan surat suara dan masih banyak lagi. Belum lagi nanti pendistribusian logistik ke TPS yang akan dilakukan mendekati hari pencoblosan. Intinya mereka dalam minggu minggu ini super sibuk. “Bahkan pada hari raya Idul Fitri kemarin saja,  semua pegawai  diwajibkan hadir untuk piket kantor, termasuk siswa PSG dari SMK Negeri 1 Balikpapan yang sedang praktek. Maka dari itulah kami sengaja menggelar acara halal bil halal ini hari ini,” pungkas Syabrani.