BALIKPAPAN—Proses pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 hari ini berjalan lancar yang digelar di 10 kabupaten kota seKalimantan Timur, Rabu (27/06/2018).

Seperti di kota Balikpapan mislanya, kendati cuaca pagi itu dalam keadaan hujan rintik yang membasahi di hamper seluruh wilayah kota Balikpapan, tidak menyurutkan antusiasme warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara. Di mana sejak dimulai waktu pemungutan pada pukul 07.00 waktu setempat, sejumlah warga sudah mulai berdatangan ke TPS.

Hingga siang hari, atau tepatnya pukul  13.00 waktu setempat. sejumlah TPS sudah melakukan perhitungan suara. Di mana ada sebanyak 1.363 TPS yang menggelar perhitungan suara secara serempak siang itu. Hasilnyapun langsung diumumkan di papan pengumuman di setiap TPS. Kemudian dibuat berita acara perhitungan suara lalu kembali dimasukan ke dalam kotak suara untuk selanjutnya diserahkan ke PPS di 34 kelurahan yang ada di Balikpapan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, bahwa proses perhitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim tahun ini berawal dari rapat pleno di tingkat kelurahan pada tanggal 28 Juni atau sehari setelah pencoblosan. “Tanggal 27 itu kan pemungutan dan perhitungan di TPS. Nah, nanti tanggal 28 hingga tanggal 1 Juli nanti itu rekapitulasi di kecamatan. Karena ada rentang waktu antara tanggal 28 Juni dan 1 juli, maka kita ambil ditanggal 29 Juni akan merekapitulasi di seluruh kecamatan yang ada di Balikpapan,” ujar Noor Thoha kepada sejumlah awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu sore (27/06/2018).

Setelah rekapitulasi di tingkat kecamatan selesai lanjut Noor Thoha, KPU Kota Balikpapan akan melakukan rekapitulasi untuk tingkat kabupaten kota pada tanggal 4 Juli yang akan datang. Setelah itu akan dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2018. “Nah setelah ditetapkan oleh KPU Provinsi perolehan suara itu, maka saat itulah bagi pihak pihak yang tidak puas dengan hasil ketetapan KPU itu, bisa mengadakan gugatan,” imbuhnya.

Jika ada gugatan tentang adanya keputusan KPU Provinsi tentang rekapitulasi perolehan suara, maka ada waktu 3 hari sejak ditetapkannya perolehan suara. “Kalau tidak salah 3 hari yah, itu adalah tata cara di Mahkamah Konstitusi, jadi bukan keputusan KPU. Untuk melakukan gugatan dengan catatan harus memenuhi formil dan materiilnya,” pungkas Noor Thoha.