BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi  Hasil Perhitungan Suara Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur 2018 Tingkat Kota Balikpapan yang digelar di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (04/07/2018).

 

Hadir pada rapat tersebut Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha beserta  4 komisionernya. Ketua Panwaslu Kota Balikpapan Ahmadi Azis beserta anggota. Seluruh Ketua dan Anggota PPK sekota Balikpapan. Saksi dari tim pemenangan 4 pasangan calon serta hadir pula seluruh ketua dan anggota PPS sekota Balikpapan.

Pada rapat pleno terbuka ini, juga dihadiri Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta YAP S.IK, Dandim 0905 Balikpapan Letkol Inf Muhammad Ilyas, perwakilan pejabat dari Lanud Balikpapan, Lanal Balikpapan , Kabag Pemerintahan Kota Balikpapan M Iqbal dan sejumlah Camat dari seluruh kecamatan sekota Balikpapan.

 

Di dalam rapat ini, KPU Kota Balikpapan menampilkan 6 buah kotak suara yang sengaja diletakan di depan. Di mana masing masing kotak berisi berita acara hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan. Pada rapat ini pula masing masing ketua PPK tampil ke depan untuk membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan. Mulai dari jumlah daftar pemilih tetap, jumlah pemilih dari laki-laki, jumlah pemilih dari kalangan perempuan, jumlah pemilih tambahan, pemilih yang menggunanakan hak pilihnya, jumlah surat suara yang diterima oleh KPPS dalam rekap perkelurahan, jumlah surat suara yang rusak hingga jumlah perolehan suara dari masing masing pasangan calon.

Dari hasil rekapitulasi yang disampaikan masing masing Ketua PPK tersebut, yang meraih suara terbanyak adalah dari pasangan nomor urut 4, yaitu dengan perolehan suara sebanyak 83.491. Kemudian disusul dengan pasangan nomor urut 1 yang meraih suara sebanyak 82.488. disusul dengan pasangan nomor urut 3 yang meraih suara sebanyak 68.647 dan untuk perolehan suara pasangan nomor 2 memperoleh suara sebanyak  22.115 suara.

Pada akhir rapat pleno, para peserta rapat melakukan penandatangan berita acara rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kota Balikpapan. Dalam penandatanganan itu dilakukan oleh  Ketua KPU beserta seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapa, Ketua Panwaslu  serta seluruh perwakilan saksi dari 4 tim pasangan calon.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, bahwa rapat pleno terbuka ini merupakan final dari perhitungan suara untuk tingkat Kota Balikpapan. Kemudian hasil rekapitulasi ini selanjutnya akan dibawa ke Samarinda untuk dilanjutkan pada rapat pleno terbuka di tingkat Provinsi Kaltim yang rencananya akan digelar pada 8 Juli 2018 mendatang.

 

Ia juga menyampaikan, pada pemilihan kepala daerah kali ini, tingkat partisipasi pemilih mengalami peningkatan. Ini dilihat dari jumlah pemilih Pilgub 2013 dan Pilwali Kota Balikpapan 2015. “Dari Pilgub Kaltim  5 tahun lalu, kemudian Pilwali Kota Balikpapan dengan Pilgub Kaltim tahun ini mengalami peningkatan. Untuk Pilgub Kaltim tahun 2013 lalu hanya mencapai 56 persen. Kemudian, pada Pilwali Balikpapan tahun 2015 kemarin mencapai 60,34 persen. Nah pada Pilgub Kaltim kali ini mencapai 64,5 persen,” ujar Noor Thoha kepada sejumlah wartawan usai rapat pleno.

 

Usai rapat pleno digelar hingga menjelang malam hari, berita acara rekapitulasi perhitungan suara Pilgub Kaltim tersebut dimasukkan kedalam kotak suara. Kemudian selanjutnya langsung  dibawa ke Samarinda dengan dikawal secara ketat aparat kepolisian dari Polres Balikpapan malam itu juga.