BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum secara resmi membuka pendaftaran Calon Legislatif di seluruh Kantor KPU yang ada di Indonesia yang dibuka sejak tanggal 4 hingga 17 Juli yang akan datang.

Seperti KPU Kota Balikpapan juga sudah membuka pendaftaran. Di mana sejak dibukanya pendafatran hingga saat ini belum ada yang mendaftarkan diri. “Sementara ini yang datang ke KPU kebanyakan hanya melakukan konsultasi saja,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

Dalam masa pendaftaran ini, ada beberapa hal yang harus dipenuhi bagi semua Caleg. Diantaranya memiliki surat keterangan mempunyai hak pilih, memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang diterbitkan oleh rumah sakit milik pemerintah serta beberapa hal lainnya. Ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota yang diterbitkan pada tanggal 3 Juli 2018 lalu. Untuk lebih jelasnya silahkan klik :

Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018.

Sebelum melakukan pendaftaran, KPU Kota Balikpapan sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah LO dari Partai Politik peserta Pemilu 2019 pada 4 Juli 2018 lalu di Kantor KPU Kota Balikpapan. Dalam pertemuan tersebut, KPU Kota Balikpapan memberikan informasi terkait dengan pencalonan legislatif dari seluruh Parpol peserta Pemilu.

“Kami sengaja melakukan pertemuan ini dengan tujuan agar para pengurus Parpol mengerti dan faham benar tentang persyaratan pencalonan. Biasanya awal-awalnya kami bagus bagus saja dengan para pengurus Parpol, namun belakangan bisa saja terjadi salah faham akibat mis komunikasi. Makanya pertemuan ini kami gelar,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menambahkan, bahwa pendaftaran Caleg ini dilakukan oleh partai politik yang mengusungnya.  “Jadi pendaftaran ini dilakukan kolektif. Parpol pengusungnya nanti yang mendaftarkan, bukan calegnya. Dan untuk Caleg tingkat kota mendaftarnya di KPU tingkat kota. Untuk Caleg tingkat Provinsi mendaftarnya di KPU Provinsi. Begitu pula untuk Caleg tingkat pusat, yah otomatis mendaftarnya di KPU RI,” pungkas Noor Thoha.