BALIKPAPAN—Kendati masa Pemilihan Umum yang digelar pada 17 April 2019 mendatang lebih kurang 8 bulan lagi, namun Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan telah melakukan sosialisasi dengan memasang sejumlah Baliho, Spanduk dan X Baner yang dipasang disejumlah titik yang ada di Kota Balikpapan.

Komisioner KPU Kota Balikpapan, Endang Susilowati mengatakan, bahwa sosialisasi ini memang sengaja dilakukan dan juga berlaku di seluruh daerah yang ada di tanah air. Sebagai bentuk informasi ke masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Informasi yang disampaikan ini diantaranya tahapan pencalonan Anggota DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota, tahapan pemutakhiran data pemilih, gambar dan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2019 dan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Balikpapan.

Alat Peraga Kampanye (APK) ini menampilkan nama nama serta gambar partai politik lengkap dengan nomor urutnya. KPU Kota Balikpapan sengaja membuat baliho ini dengan beberapa macam bentuk. Ada baliho berukuran besar dan kecil dan X Banner. APK ini dipasang di sejumlah titik lokasi yang ada di Balikpapan di 6 kecamatan dan 34 keluarahan. Ukurannya ada yang besar untuk dipasang di kawasan jalan protokol. Serta untuk X Baner untuk dipajang di seluruh kantor milik pemerintah. Mulai dari kantor kecamatan dan kelurahan, serta kantor kantor dinas Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Balikpapan.

Menurut Endang Susilowati, jumlah APK ini terdiri dari, Baliho berukuran 4X6 meter dan 3X4meter. Untuk ukuran 4X6 meter dipasang di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan. Sedang untuk ukuran 3X4meter ada sebanyak 12 lembar. Di mana masing masing kantor kecamatan akan dipasang 2 lembar baliho berukuran 3X4meter tersebut. “Jadi dari 6 kecamatan yang ada di Balikpapan, masing-masing kantor kecamatan akan dipasangi baliho berukuran 3X4 meter tersebut,” ujar Endang Susilowati.

Begitu pula untuk Alat Peraga Kampanye lainnya adalah X-Baner, yang akan dipajang di 34 kantor kelurahan dan 6 kecamatan sekota Balikpapan. “Selain di kantor kecamatan dan kelurahan, X-Baner ini juga dipajang di seluruh kantor pemerintahan, yang masing masing tempat aka nada 2 buah X-Baner,” imbuh Endang lagi.

 

Selain pemasangan baliho dan X-Baner di semua kantor milik pemerintah. KPU Kota Balikpapan juga melakukan pemasangan baliho berukuran 3X4meter di beberapa lokasi di Balikpapan. Seperti di kawasan simpang 4 lampu merah Kebun Sayur. Kemudian simpang 3 Graha Indah. Lalu di simpang 3 Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo. Kawasan lapangan bola Kelurahan Sumber Rejo dan di Asrama Haji. “Selain tempat tempat tersebut tadi, KPU Kota Balikpapan dipastikan akan melakukan pemasangan Alat Peraga Kampanye di beberapa lokasi yang ada di Balikpapan,” pungkas Endang Susilowati.