BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan menggelar acara Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Balikpapan dalam Pemilihan Umum 2019 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel New Benakutai, Kamis malam (20/09/2018).

Hadir pada acara ini diantaranya Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, serta 4 komisionernya, diantaranya Endang Susilowati, Sunawiyanto, Rudjito dan Purwo Atmojo. Anggota Bawaslu Kota Balikpapan. Para pengurus partai politik peserta Pemilu 2019. Para Ketua dan anggota PPK sekota Balikpapan. Dan hadir pula Ketua PPS sekota Balikpapan.

Pada acara ini juga hadir Staff Ahli Bidang Pemerintahan Sekdakot Balikpapan Syaiful Bahri yang mewakili Walikota Balikpapan. Sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Perwakilan dari unsur Forum Komunikasui Pimpinan Daerah atau Forkompinda. Serta hadir pula seluruh Camat dan lurah sekota Balikpapan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pengumumam DCT ini sengaja digelar sesuai agenda yang ditentukan oleh KPU RI. “Di KPU ini seluruh kegiatan berdasakan agenda kalender. Bukan kalender kerja. Sehingga apabila ada kegiatan yang jatuh di hari libur. Maka tetap saja dilaksanakan. Bahkan beberapa waktu lalu, KPU sempat mengggelar kegiatan saat perayaan Idul Fitri,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menyampaikan, setelah ditetapkannya DCT ini, praktis seluruh Caleg sudah ditetapkan sebagai calon, bukan lagi sebagai bakal calon. Begitu pula apabila ada Caleg yang berhalangan tetap, seperti meninggal dunia atu mengundurkan diri, maka nama yang sudah ditetapkan tersebut sudah tidak dapat lagi diganti. “Jadi misalkan ada Caleg yang wafat, maka praktis nama yang bersangkutan dikosongkan. Tetapi nomornya tetap ada. Jadi tidak ada lagi nama Caleg yang sudah ditetapkan dirubah-rubah lagi,” papar Noor Thoha.

Baca : “Pengumuman Penetapan DCT Pemilu 2019”

Dalam acara penetapan DCT ini, para staff KPU Kota Balikpapan secara bergantian membacakan para Caleg yang sudah ditetapkan berdasarkan nomor dan nama partai politiknya. Dan para pengurus serta LO Parpol terlihat dengan seksama menyimak nama nama yang dibacakan, lengkap dengan tayangan yang terpampang di proyektor yang berada di kanan dan kiri panggung yang diduduki oleh seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan.

Selain disimak oleh seluruh pengurus Parpol, para pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan mulai dari Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekdakot Balikpapan, para camat dan lurah. Serta beberapa kepala dinas di lingkungan Pemkot Balikpapan juga turut memperhatikan nama nama Caleg yang dibacakan tersebut, hingga pembacaan DCT tuntas dilaksanakan. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Setelah pembacaan DCT dilaksanakan, KPU Kota Balikpapan memberikan arahan kepada seluruh pengurus dan LO partai politik tentang pelaporan dana kampanye. Di mana seluruh Parpol wajib memiliki rekening atas nama Parpol dan wajib memberikan laporannya kepada KPU Kota Balikpapan. “Jadi kami memohon, agar para pengurus Parpol segera membuka rekening dan melaporkannya kepada kami paling lambat 23 September 2018 nanti. Jadi tolong diperhatikan kepada seluruh pengurus Parpol agar ini menjadi perhatian dan harus ditaati,” pungkas nor Thoha