BALIKPAPAN—Pemerintah Kota Balikpapan menggelar acara Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang dilaksanakan di halaman kantor Pemkot Balikpapan, Jumat pagi (21/09/2018).

 

Hadir pada acara tersebut diantaranya Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, Wakil Walikota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Thohari Azis, Dandim 0905 Balikpapan Letkol  Inf M Ilyas, Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta SIK, Danlanal Balikpapan, Danlanud Balikpapan serta sejumlah pejabat lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Balikpapan. Ketua KPU Kota Balikpapan. Ketua Bawaslu Kota Balikpapan. Serta sejumlah pengurus partai politik peserta Pemilu 2019.

 

Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dalam sambutannya menyampaikan, memasuki masa kampanye ini, agar seluruh pengurus partai maupun simpatisannya wajib menjaga kondusifitas yang ada di Kota Balikpapan. “Saya berpesan agar para pengurus parpol ataupun simpatisannya untuk sama sama menjaga kondusifitas kota kita ini. Di mana Balikpapan sejak dahulu sudah dikenal sebagai salah satu kota teraman di Indonesia. Untuk itu, mari kita jaga bersama-sama kota kita ini,” ujar Rizal Effendi.

 

Ia juga berpesan, selama melakukan kampanye, hendaknya para pengurus parpol, para simpatisan dan seluruh warga kota, tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak sarana dan prasarana yang ada di kota Balikpapan. “Saya juga berpesan agar warga kota, khususnya pengurus dan simpatisan partai politik untuk sama-sama menjaga estetika dan keindahan kota. Taati peraturan tentang kampanya. Jangan merusak keindahan kota dan jangan pula memasang alat peraga kampanye di tempat tempat yang dapat merusak keindahan dan menimbulkan kesan negatif,” ujar Rizal lagi.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, Deklarasi Pemilu Damai 2019 ini serentak digelar di seluruh penjuru tanah air. Dan pemerintah mengajak seluruh stake holder dan masyarakat agar selama masa kampanye dijalani dengan damai. “Pemilu bukan menjadi ajang mencaci, memaki dalam mencari pemimpin yang berintegritas. Untuk itu kami meminta agar dalam kampanye nanti benar benar dijaga kondusifitasnya,” ujar Noor Thoha.

 

Dalam Deklarasi Pemilu Damai 2019 ini, juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama yang dilakukan oleh Walikota Balikpapan, Wakil Walikota Balikpapan, seluruh pejabat yang tergabung dalam Forkompinda serta seluruh ketua partai politik peserta Pemilu 2019. Penandatanganan ini dilakukan di atas baliho berukuran besar lengkap dengan nama nama pejabat setempat serta lambang dari seluruh  partai politik peserta Pemilu 2019