BALIKPAPAN—Komis Pemilihan Umum Kota Balikpapan, menggelar acara pengambilan sumpah dan janji jabatan kepada 7 orang anggota PPS yang dilaksanakan di Hotel Pacific Balikpapan, Senin sore (23/09/2018).

Pengambilan Sumpah dan Janji Jabatan ini, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, diikuti oleh seluruh  Komisionernya, seperti Endang Susilowati, H Rudjito, Sunawiyanto dan Purwo Atmojo.

Selain dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan, juga turut hadir Ketua dan anggota Bawaslu Kota Balikpapan, sejumlah pejabat yang ada di lingkungan Kota Balikpapan. Serta tak ketinggalan seluruh pengurus Partai Poltik Peserta Pemilu 2019.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan bagi Petugas Pemungutan Surat  (PPS) yang berjumlah 7 orang itu dari berberapa kelurahan yang ada di Kota Balikpapan. Pergantian antar waktu ini dilakukan dikarena 7 anggota PPS sebelumnya telah mengundurkan diri.

Untuk itu, KPU mengambil langkah untuk melakukan pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji jabatan kepada 7 orang yang dilantik tersebut.

Ketua KPU Kota Balikpapan, mengatakan pengunduran diri anggota PPS sebenarnya tidak ada masalah. Merreka murni mengundurkan diri. “Berbeda dengan, apabila ada anggota PPS yang melanggar aturan, maka mau tidak mau KPU bisa saja melakukan pemecatan. Namun yang jelas, 7 orang yang diganti atau di PAW-kan itu hanya mengundurkan diri saja. Sejauh ini mereka tidak ada masalah selama menjalani tugas sebagai PPS,” ujar Noor Thoha.