BALIKPAPAN—SMK Negeri 3 Balikpapan kembali menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (PEMILOS) periode 2018/2018. Yang digelar di halaman sekolah, Jumat (19/10/2018).

Pada kegiatan Pemilos ini, sebanyak 1.600an siswa turut serta untuk memilih. Yang terdiri dari kelas X hningga kelas XII dari 6 jurusan yang ada di sekolah tersebut.

Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Balikpapan Bidang Kesiswaan, Adik Sujarno S,Pd MM mengatakan, dari 1600 siswa itu, mulai dari kelas X hingga kelas XII itu diantaranya dari jurusan akuntansi, adminitrasi perkantoran, pemasaran, pariwisata, TKJ dan desain grafika.

Berbeda dengan sekolah lainnya, kali ini Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMK Negeri 3 Balikpapan, pemilihnya hanya dari kalangan siswa. “Jadi guru tidak dilibatkan dalam pemilihan Ketua OSIS ini. Ketua OSIS yang lamakan begitu juga, dipilih oleh siswa,” ujar Adik Sujarno.

Dalam ajang Pemilos ini, ada kandidat yang akan dipilih. Di mana sebelumnya ada beberapa tahapan yang wajib dijalani oleh para kandidat. Diantaranya pendaftaran terlebih dahulu,seleksi beberapa kali hingga mengerucut menjadi 1 pasangan calon. “Untuk melakukan seleksi ini, pengurus OSIS yang lama yang melakukan seleksi. Mulai pendaftaran, seleksi, debat kandidat hingga menentukan satu pasangan calon. Dan dalam proses ini pihak guru juga tidak dilibatkan,” ujarnya.

Rupanya Pemilos di SMK Negeri 3 Balikpapan ini bukanlah yang pertama kalinya dilaklukan. Menurut Adik Sujarno, pihaknya sudah beberapa kali bekerja sama dengan KPU Kota Balikpapan dalam proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini. “Kami dipinjami 4 bilik suara dan 1 kotak suara. Dan ini sudah berlangsung cukup lama, yaitu sejak 5 tahun yang lalu. KPU Kota Balikpapan selalu memberikan aprsiasi kepada kami dalam pemilihan Ketua Osis,” ujar Adik Sujarno.

Uniknya pada Pemilos di SMK Negeri 3 Balikpapan ini, hanya ada 2 calon. Jadi permainannya adalah, jika salah satu meraih suara terbanyak, maka otomatis menjadi ketua OSIS. Sedang suara terendah otomatis menjadi Wakil ketua OSIS. Ke dua calon tersebut adalah Salman Alfarizi dari kelas XI TKJ dan Ihdina Aulia Ningsih dari kelas X OTKP 1.

Sebelum proses pemilihan dimulai, Komisoner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati dalam sambutannya menyampaikan, agar para siswa yang sudah memiliki hak pilih atau yang sudah berusia 17 tahun, agar ikut serta memilih. “Silahkan anak anaku sekalian agar kalian yang sudah memiliki hak pilih. Untuk turut serta mencoblos. Silahkan pilih calon pemimpin sesuai dengan hati nurani kalian,” ujar Endang lagi.

 

Selain pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pada 17 April 2019 yang akan datang juga ada pemilihan calon legislatif. Mulai dari calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota. “Jadi nanti saat Pemilu, ada 5 kotak suara. 1 untuk pemilihan presiden. Dan 4 kotaknya adalah khusus pemlihan anggota legislative. Jadi silahkan manfaatkan suara kalian dalam memilih. Gunakan hak suara kalian sesuai hati nurani kalian. Kebetulan saat ini sudah memasuki masa kampanye, silahkan kalian datang saat ada kampanye. Perhatikanlah dan simaklah dengan seksama orasi yang disampaikan mereka. Kemudian kalian tentukan siapa yang menjadi pilihan kalian,” pungkas Endang Susilowati.


Selain menyampaikan sosialisasi terkait tahapan Pemilu tidak pernah lupa, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarkat dan Sumber dauya Manusia ini memberi semangat kepada semua siswa untuk menjadi generasi muda yang cerdas, spiritual dan sukses. Karena kesuksesan tidak langsung datang dan jadi, tetapi kesuksesan butuh perjuangan, pengorbanan dan ketekunan.”Oleh karena itu anak-anakku semua harus siap menjadi generasi cerdas memilih pemimpin dan masa depannya,” pungkas Endang Susilowati.