BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, kembali melakukan agenda rutin dalam 3 minggu belakangan ini. Kini giliran SMA Negeri 4 Balikpapan yang mendapatkan kunjungan KPU Kota Balikpapan untuk melakukan sosialiasi Pemilu 2019 yang digelar di lapangan SMA Negeri 4 Balikpapan, Senin pagi (22/10/2018).

Komisioner KPU Kota Balikpapan H Rudjito ditunjuk sebagai Inspektur Upacara Bendera yang biasa digelar setiap hari Senin pagi itu. Di hadapan sejumlah siswa yang jumlah 1035 siswa itu, Rudjito menyampaikan, bahwa para siswa yang sudah berusia 17 tahun, agar turut serta memilih pada Pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 yang akan datang.

Ia juga menyampaikan, bahwa para siswa yang sudah memiliki hak pilih. Agar benar benar menggunakan hak pilihnya. Di mana pada Pemilu 2019 yang akan datang itu merupakan pemilihan presiden dan wakil presiden bersamaan dengan pemilihaan anggota legislatif. “Tahun ini berdeda dengan Pemilu sebelumnya. Di mana momen Pemilu waktu itu, antara pemilihan presiden dan pemilihan calon legislatif waktunya berbeda. Nah, pada Pemilu 2019 nanti, pemilihan presiden dan pemilihan calaon legislatif waktunya bersamaan. Dan ini baru dilakukan pertama kali di Indonesia,” ujar Rudjito.

Dalam pemilu nanti, lanjut Rudjito, di dalam TPS itu ada terdapat 5 kotak suara dan 5 lembar surat suara. Ke lima kotak suara itu diperuntukan untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan calon anggota DPR RI, calon anggota DPD RI, calon Anggota DPRD Provinsi dan Calon Anggota DPRD Kota Balikppan. “Jadi anak anakku sekalian, dari lima surat suara itu, silahkan kalian coblos sesuai dengan hati nurani kalian. Pilihlah sesuai dengan hati nurani kalian yang paling dalam. Sekarangkan sudah masa kampanye, silahkan kalian simak dan perhatikan mereka itu ketika melakukan kampanye. Sebab kalian punya hak untuk melihat langsung mereka kampanye,” papar H Rudjito lagi.

Ia juga menyebut, bahwa para siswa yang sudah memiliki hak pilih atau yang sudah memiliki KTP Elektronik hendaknya melakukan pengecekan di KPU atau di kelurahan. Dengan tujuan agar para siswa tersebut, sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. “Bahkan saat ini adek adek sekalian dapat mengeceknya melalui HP android kalian. Kalian tinggal ketik saja KPU RI Pemilu 2019 di play store. Kemudian down load. Setelah itu masukan nama dan Nomor Induk Kependudukan sesuai dengan apa yang ada di KTP Elektronik kalian. Di situ nanti kalian tau, apakah nama kalian sudah masuh dalam daftar pemilih atau tidak,” ujar Rudjito lagi.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 4 Balikpapan, Heru Marsono mengatakan, dari 1056 siswa di sekolah tersebut. Terdiri dari 30 kelas. Untuk kelas X ada 10 kelas. Kelas XI ada 10 kelas. Dan kelas XII juga ada 30 kelas. Dengan program study IPA dan IPS. Dan yang memiliki hak pilih ada 360 siswa. “Pemilih pemula kami rata rata dari kelas XII, namun ada pula dari kelas XI,” ujar Heru Marsono

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada pihak KPU Kota Balikpapan, atas kunjungannya kali ini. “Saya bersama seluruh dewan guru mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya. Dengan kedatangan pihak KPU ke mari, maka para siswa kami sedikit banyaknya mengetahui apa itu Pemilu,” pungkas Heru Marsono.

Kegiatan KPU Gopes To School Senin ini juga dilaksanakan di 3 sekolah lainnya. Yaitu : SMK Negeri 6 Balikpapan dengan inspektur upacara anggota KPU Kota Balikpapan Divisi Teknis Sunawiyanto. Kemudian SM Kartika Balikpapan dengan inpekltur upacara Purwo Atmojo dari Divisi Program dan Data. Dan juga dilaksanakan di SMP, SMA dan SMK Airlangga dengan dihadiri Endang Susilowati selaku komisioner yang membidangi Divisi Sosdiklih, partisipasi masyarakat dan SDM di KPU Kota Balikpapan