BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan dalam beberapa hari belakangan ini kian gencar-gencarnya melakukan Sosiliasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Kali ini KPU melakukan sosialisasi GMHP di kawasan Lapangan Merdeka, Minggu pagi (21/10/2018).

Dalam aksi sosialisasi GMHP yang digelar Lapangan Merdeka tersebut. KPU Kota Balikpapan menurunkan sejumlah staffnya, diantaranya dari personil Bagian Data yang hari itu Kasubag Data KPU Kota Balikpapaan Zainal Abidinsyah turut pula hadir. Kemudian hadir pula Kasubbag Teknis RR Suprasmi Retnaningsih SE. Serta hadir pula PPK dan PPS sekota Balikpapan.

Selain dihadiri oleh Bagian Data dan Teknis KPU Kota Balikpapan, juga hadir 2 komisioner KPU Kota Balikpapan, yaitu H Rudjito dan Enang Susilowati.

Sosialiasi GMHP yang digagas oleh KPU Balikpapan ini dikemas menarik. Sebab di stand tersebut tersedia fhoto boot, serta serba serbi peraga ditambah dengan sebuah boneka berbentuk kotak suara yang diisi oleh seseorang. Dan tak lupa ada souvenir bagi pengunjung car Free day yang bersedia dicek data pemilihnya dan mampu menjawab dengan benar ketia diberikan pertanyaan oleh petugas.

Keberadaan stand GMHP ini tentu menarik warga yang kebetulan pagi itu sedang berada di kawasan tersebut untuk melakukan beragam aktifitas di kawasan tersebut. Tak sedikit warga yang datang ke tempat itu. Mereka kebanyakan menanyakan apa itu GMHP. “GMHP tujuannya itu untuk mengajak warga, apakah ada warga yang sudah terdaftar ataupun belum terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2019 yang akan datang,” ujar Endang Susilowati.

Ia juga menyebutkan, di stand itu warga bisa menanyakan langsung kepada petugas KPU yang kebetulan berada di kawasan tersebut. Hanya dengan menyerahkan KTP. Kemudian petugas KPU akan memasukan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di apliasi android. Setelah dilakukan pengecekan, maka sudah banyak warga yang sudah terdaftar sebagai pemilih setelah dilakukan pengecekan yang dilakukan oleh staff KPU Kota Balikpapan.

Endang Susilowati juga menyebutkan, selain melayani warga yang berada di stand tersebut. Warga bisa juga melakukan pengecekan sendiri dengan menggunakan handphone androidnya. Caranya buka play store, kemudian ketik : KPU RI PEMILU RI 2019. Kemudian download. “Nah diaplikasi yang ada di android tersebut, warga bisa langsung melakukan pengecekan secara langsung. Cukup dengan memasukan nama dan NIKnya saja,” pungkas Endang Susilowati.

Selain membuka posko layanan GMHP di acara Car Free Day, Sosialisasi juga dilakukan dengan menyebar petugas KPU yang terdiri dari staff KPU Kota Balikpapan, juga PPK dan PPS yang membaur bersama pengunjung lainnya.