BALIKPAPAN—Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan Noor Thoha menghadiri kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) yang digelar di SMA Negeri 5 Balikpapan, Kamis (25/10/2018).

Kegiatan Pemilos layaknya Pemilihan Umum ini merupakan yang pertama kalinya digelar oleh SMA Negeri 5Balikpapan. Sebab selama ini, Pemilihan Ketua OSIS hanya dilakukan oleh kalangan internal saja atau di kalangan Pengurus OSIS saja.

Dalam Pemilos ini, panitia menyediakan tiga buah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di mana masing masing TPS ini di dalamnya terdiri dari tiga buah bilik suara dan dua buah kotak suara. Lengkap dengan KPPSnya yang berjumlah tujuh orang dan dua orang saksi pasangan calon.

 

 

Dalam ajang Pemilos ini ada dua agenda yang dilakukan secara bersamaan. Yaitu pemilihan Ketua OSIS serta memilih Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK).

Proses pemilihan pun tak hanya dilibatkan pihak siswa siswi saja. Tetapi dewan gurupun turut serta memilih. Jumlah pemilihnyapun mencapai 1.021 orang. 323 siswa dari kelas X,318 siswa dari kelas XI dan 307 siswa XII dan 56 orang guru ditambah 17 orang staff.

Pasangan calon yang berkompetisi dalam ajang Pemilos adalah : M Arham berpasangan dengan Salsabila. Serta Christy berpasangan dengan M Hafidz. Sedang calon ketua MPK terdiri dari empat orang. Mereka adalah Prambudiana, Christine Candy, Brlian Ibrani dan Regina Olivia.

 

Sebelum pencoblosan dimulai, para kandidat Ketua OSIS dan Kandidat Ketua MPK ini, diberikan waktu 1 menit untuk melakukan orasi dan berkampanye untuk menyampaikan visi dan misinya. Uniknya, saat para kandidat ini tampil berorasi mereka didampingi oleh tim suksesnya, sehingga penampilan orasi mereka menjadi semakin meriah.

Pembina OSIS SMA Negeri 5 Balikpapan Budi Spd.I mengatakan, proses pemilihan Ketua OSIS ini sebelumnya melewati masa penjaringan yang cukup ketat sampai dengan tahap debat kandidat yang semua tahapan umum itu diprakarsai oleh pengurus OSIS periode sebelumnya. Perlu diketahui bahwa sebelumnya, pada 23 Oktober 2018 lalU, KPU Kota Balikpapan telah melakukan Bimbingan Teknik Tata Laksana Pemilos di SMA Negeri 5 Balikpapan.


Budi juga menambahkan, proses pemilihan ketua OSIS layaknya Pemilihan Umum ini, baru pertama kali dilakukan. “Kami sangat berterimakasih kepada KPU Kota Balikpapan yang sudah memberikan bimbingan teknis dan juga KPU telah bersedia membantu menjadi fasilitator kegiatan Pemilos ini,” ujar Budi.

 

Selama proses pemilihan itu berjalan, di setiap TPS itu terdapat tiga bilik suara dan dua kotak suara. Dua kotak suara ini dipergunakan untuk Pemilihan ketua OSIS. Dan satu kotak suara untuk Pemilihan Ketua MPK.

Proses pemilihan Ketua OSIS dan Pemilihan Ketua MPK ini tampak berjalan lancar dan tertib. Sejumlah siswa dan guru nampak berbaris rapi saat menuju TPS. Tampak terlihat wajah wajah para siswa begitu senang mengantri.

Sementara itu Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, kegiatan Pemilos yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Balikpapan ini merupakan pelajaran secara langsung tentang Pemiliihan Umum. “Kan sebagian dari para siswa ini sudah masuk kategori pemilih pemula. Mereka sudah memiliki hak pilih. Jadi dengan mengikuti Pemilos ini, para siswa diharapkan mengerti apa itu Pemilu, khususnya mereka yang sudah memiliki hak pilih,” ujar Noor Toha