BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan menggelar acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 5 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, Selasa sore (7/11/2018).

 

Pelantikan anggota PPS ini dihadiri oleh Ketua dan seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan, seluruh Ketua PPK sekota Balikpapan dan sejumlah lurah yang ada di Kota Balikpapan.

Ke 5 anggota PPS tersebut adalah Faturrahman Rosady yang akan bertugas sebagai anggota PPS di Kelurahan Sepinggan Raya. Mariyani dan Hadi Prasetyo yang akan bertugas di Kelurahan Manggar. Irwan Aras yang bertugas di Kelurahan Sepinggan. Kemudian Sherin Audhea yang berugas di Kelurahan Kariangau.

 

5 anggota PPS tersebut dilantik berdasarkan Berita Acara yang diterbitkan oleh KPU Kota Balikpapan Nomor : 226/PK.01-BA/02/KPU/XI/2018 tentang Penggantian Antar Waktu Panitia Pemungutan Suara Dalam Pemilihan Umum tahun 2019 dengan ditandatangani oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

Pada sesi ini, selain dilakukan pelantikan juga dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang didampingi oleh seorang rohaniawan kemudian dilakukan pembacaan pakta integritas oleh salah seorang dari 5 anggota PPS yang dilantik tersebut.

 

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam amanatnya menyampaikan, bahwa tugas dari pada anggota PPS ini adalah melaksanakan segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh KPU dalam menyambut pagelaran akbar yaitu pesta demokrasi pada Pemilihan Umum yang digelar pada 17 April 2019 yang akan datang.

 

“Tugas anda sekalian adalah menyukseskan Pemilu 2019. Banyak sekali tugas KPU yang nanti akan dilaksanakan di lapangan. Dan PPS adalah perpanjangan tangan langsung KPU. Untuk saya mohon anda semua bertugas dengan sepenuh hati dan bertanggungjawab, sesuai dengan sumpah jabatan yang baru saja anda lakukan,” ujar Noor Thoha.

Masa bakti 5 anggota PPS ini akan berlangsung hingga dua bulan ke depan. Mereka nantinya akan menjalani beragam kegiatan, diantaranya melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada semua lapisan masyarakat serta melakukan pendataan penduduk yang masuk dalam kategori pemilih. “Tugas anda sekalian cukup berat, untuk itu saya berpesan agar anda semua menjaga kesehatan demi kelancaran jalannya Pemilu tahun 2019 nanti,” pungkas Noor Thoha.

 

Usai menggelar pelantikan, pengambilan sumpah jabatan dan pembacaan pakta integritas, Ketua beserta seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan, seluruh ketua PPK sekota Balikpapan dan sejumlah lurah memberikan ucapan selamat kepada 5 anggota PPS tersebut dengan  berjabatan tangan kemudian dilakukan dengan foto bersama.