Sab. Jul 20th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Masuki Tahun 2019, KPU Kota Balikpapan Fokus di 3 Kegiatan ini

BALIKPAPAN—Memasuki tahun baru 2019 ini, KPU Balikpapan kini fokus kepada tiga kegiatan yang menjadi inti terselenggaranya Pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 yang akan datang. Hal ini seperti dikatakan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, saat dihubungi media ini, Senin sore (31/12/2018).

Menurut Noor Thoha, ke tiga yang menjadi skala prioritas itu adalah pertama kesiapan logistik, pembentukan tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS dan kesiapan KPPS, PPS dan PPK dalam melakukan pemungutan dan perhitungan suara.

“Untuk logistik sendiri saat ini hanya tinggal menunggu surat suara saja. Sementara logistik yang lain sudah ada seperti kotak suara, bilik suara, tinta dan segalanya yang terkait dengan alat alat dalam proses pencoblosaan sudah siap,” ujar Noor Thoha.

Sementara itu, KPU juga akan merekrut KPPS di 2051 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Balikpapan. “Kan setiap TPS itu akan ada tujuh orang KPPS. Jadi jika dikalikan dengan jumlah TPS yang 2051 itu, berarti nanti akan ada 14.357 orang. Tentu sebelum mereka dilantik dan bertugas sebagai KPPS akan mengikuti Bimtek terlebih dahulu,” papar Noor Thoha.

Lebih lanjut Noor Thoha mengatakan, Bimtek ini akan dilakukan kepada seluruh KPPS, setelah seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan mengikuti Bimtek di KPU Tingkat Provinsi Kalimantan Timur. “Nah, setelah kami mengikuti Bimtek di Provinsi, barulah giliran mereka yang kita Bimtek,” kata Noor Thoha lagi.

Bimtek wajib dilakukan, karena tugas KPPS tidaklah mudah. Di mana tugasnya di TPS adalah melakukan pemantauan saat pemungutan dan perhitungan suara. “Inilah inti dari Pemilu itu. Di mana puncak dari seluruh rangkaian Pemilu berada di TPS, yaitu perhitungan suara yang bermula dari seluruh TPS. Jadi ini tentu tugas yang sangat berat bagi kita semua. Jadi ini bukan hanya tugas KPPS saja,” pungkas Noor Thoha.

Ia juga menambahkan, pada tanggal 2 Januari nanti, KPU akan melantik 12 anggota PPK untuk Pemilu 2019. Ini merupakan pasca putusan MK yang baru saja diterbitkan. “Kan awalnya, jumlah PPK itu 3 orang di setiap kecamatan. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah PPK berubah atau dinaikan menjadi 5 orang setiap kecamatan. Hal ini wajar, mengingat tugas PPK sangat berat jika hanya 3 orang saja,” pungkasnya.