Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Lantik Anggota PPK  Untuk  Pemilu 2019

BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan melantik  sepuluh orang anggota Panitia Pemilihan  Kecamatan atau PPK yang digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, Rabu pagi (02/01/2019).

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini sengaja digelar terkait dengan terbitnya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 31/PPU-XVI/2018 tentang jumlah PPK pada Pemilihan Umum tahun 2019 ini. Di mana awalnya jumlah PPK untuk setiap kecamatan berjumlah tiga  orang, kini berubah menjadi lima orang anggota PPK di setiap kecamatan.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta pembacaan pakta integritas ini dipimpin langsung Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha S.Pd SH.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur yang digelar tahun lalu, jumlah PPK disetiap kecamatan awalnya berjumlah lima orang. Namun memasuki tahapan Pemilu 2019, jumlah PPK berkurang menjadi tiga  tiga orang saja. “Melihat jumlah PPK ini berkurang, maka diadakan Judicial Review di Mahkamah Konstitusi. Dan MK menetapkan kembali bahwa jumlah anggota menjadi 5 orang di setiap kecamatan,” ujar Noor Thoha kepada sejumlah wartawan.

 

Setelah putusan MK ini diterbitkan, maka KPU Kota Balikpapan  menindaklanjuti putusan tersebut dengan menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dan pembacaan Pakta Integritas kepada angota PPK yang baru ini, yang berjumlah sepuluh  orang. “Sebenarnya yang dilantik hari ini adalah dua belas orang anggota PPK, namun dua orang berhalangan hadir. Jadi yang dilantik ini hanya sepuluh orang saja. Jadi yang dua nanti akan mengikuti pengambilan sumpah jabatan seperti ini juga yang rencananya akan kita gelar dalam waktu dekat ini. Jadi setiap anggota PPK maupun PPS yang baru memang wajib mengikuti acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan,” kata Noor Thoha.

 

Tugas utama PPK ini sendiri menurut Noor Thoha adalah menyelenggarakan seluruh kegiatan Pemilu di tingkat kecamatan.  Dan yang terberat tugas PPK ini adalah ketika melaksanakan pleno rekapitulasi perhitungan suara dari TPS. Yang awalnya dulu pleno digelar di tingkat PPS sekarang dilaksanakan di tingkat PPK. “Sudah praktis tugasnya ini menguras tenaga, pikiran dan waktu. Maka jika jumlah PPK hanya tiga orang saja di setiap kecamatan, kita akan mengalami kesulitan. Untuk itulah maka KPU akan sedikit terkurangi bebannya jika jumlah PPK ini menjadi lima orang,” papar Noor Thoha.

 

“Pemungutan suara ini berlangsung di bulan April. Maka masa kerja PPK adalah April, Mei, Juni, di bulan `Juni inilah masa berakhirnya tugas PPK,” jelas Noor Thoha.

 

Hadir pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, diantaranya komisioner KPU Kota Balikpapan Sunawiyanto, Rudjito dan Purwo Atmojo. Ketua Bawaslu Kota Balikpapan Agustan, perwakilan pejabat dari 6 kecamatan sekota Balikpapan dan hadir pula Ketua PPK sekota Balikpapan.