Ming. Nov 17th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

DPRD Kota Balikpapan Lakukan Sidak Dadakan ke KPU Kota Balikpapan

BALIKPAPAN—Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan melakukan Insfeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor KPU Kota Balikpapan, Selasa pagi (15/01/2019).

Sidak yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan Faisal Tola itu didampingi 5 anggotanya. Kedatangan para wakil rakyat ini untuk melihat langsung kondisi yang ada di Kantor KPU Kota Balikpapan menjelang penyelenggaraan Pemilu 2019.

Rombongan Komisi 1 DPRD Balikpapan ini tiba di Kantor KPU sekitar pukul 10.00. Mereka langsung menuju gudang tempat penyimpanan logistik Pemilu. Di ruangan ini, para anggota DPRD dengan teliti melihat tumpukan kotak suara, bilik suara, tinta serta beberapa sarana pendukung lainnya.

Kedatangan rombongan Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan ini didampingi langsung oleh Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani diwakili beberapa Kasubbag. Setelah mengunjungi gudang untuk melihat langsung kotak suara dan logistik lainnya. Rombongan kembali mengunjungi ruang data. Di ruangan ini, Faisal Tola sempat menayakan tentang beberapa hal terkait Daftar Pemilih Tetap. Dan kesiapan adminitrasi lainnya. Serta pada kesempatan ini pula rombongan DPRD Kota Balikpapan juga sempat menanyakan anggota PPK dan PPS. “PPK dan PPS sudah kita bentuk dan sudah kita lantik. Sekarang tinggal merekrut KPPS saja,” ujar Komisioner KPU Kota Balikpapan Purwo Atmojo saat mendampingi rombongan.

Usai mengunjungi ruang data, rombongan kembali menuju ruang teknis. Di ruangan ini, para anggota DPRD Kota Balikpapan sempat berdiskusi dengan Kasubbag Teknis. Di mana pada kesempatan itu, Divisi Teknis sedang disibukkan dengan kegiatan perekrutan anggota Relawan Demokrsi. Faisal Tola juga sempat menayakan tentang fungsi dari Relawan Demokrasi tersebut. “Relawan Demokrasi ini kita rekrut dan kita seleksi. Kemudian mereka yang lolos akan kami Bimtek,” ujar Kasubbag Teknis RR Suprasmi Retna Ningsih SE.

Lebih lanjut Suprasmi menjelaskan di hadapan rombongan Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan, bahwa tugas dari Relawan Demokrasi ini nantinya akan melakukan sosialisasi terhadap semua lapisan masyarakat untuk memberikan informasi, bahwa pada 17 April 2019 nanti akan diadakan Pemilihan Umum. “Mereka juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar pada 17 April nanti untuk turut serta memilih. Dan diharapkan pula, para Relawan Demokrsi ini juga wajib menanyakan kepada masyarakat, apakah warga yang dikunjungi itu sudah terdaftar sebagai Pemilih dan terdaftar di Daftar Pemilih Tetap atau DPT,” ujar Suprasmi lagi.

Sementara itu, Ketua Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan Faisal Tola mengatakan, kedatangannya ke Kantor KPU Kota Balikpapan dalam melakukan Sidak itu untuk mengetahui secara langsung kesiapan KPU Kota Balikpapan dalam menghadapi Pemilu yang waktunya sudah semakin dekat. “Kami pengen tahu kesiapan KPU dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Dalam hal ini kami ingin melihat kesiapan KPU, seperti kotak suara, sejumlah peralatan dan SDMnya,” ujar Faisal Tola.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, bahwa Sidak yang dilakukan Komisi I DPRD Kota Balikpapan adalah hal yang biasa dilakukan, disetiap persiapan penyelenggaraan Pemilu seperti sekarang ini. “Dan biasanya juga, DPRD Provinsi juga melakukan Sidak di tempat kami,” ujar Noor Thoha.

Lebih lanjut Noor Thoha mengatakan, Sidak yang dilakukan DPRD itu untuk melihat langsung kesiapan KPU menjelang digelarnya Pemilihan Umum pada 17 April yang akan datang. “KPU kan leading sectornya. Yang punya gawe kan KPU. Jadi wajar kalau dari DPRD Kota, DPRD Provinsi, bahkan dari TNI dan Polri. Senantiasa menanyakan kepada kita, melihat langsung bagaimana persiapan KPU menjelang Pemilu ini,” papar Noor Thoha.

Ia juga menyebut, bahwa saat ini KPU Kota Balikpapan kesiapannya sudah 80%. Hanya tinggal menunggu surat suara saja yang belum tiba. “Kan surat suara ini kan pengadaannya ada di KPU RI. Apalagi ada gugat menggugat terkait dengan calon DPD yang ditolak. Itu yang menjadi bagian yang menghambat,” ujarnya.

Untuk pencetakan surat suara sendiri menurut Noor Thoha, sejak 11 Januari lalu sudah mulai proses. Namun tinggal menunggu putusan calon DPD. “Jadi bulan Maret itu sudah harus clear seharusnya. Sudah disortir, sudah dilipat dan tinggal dipaking di kotak kota itu. Jadi mestinya Februari nanti surat suara sudah mulai didrop ke seluruh KPU di Indonesia,” pungkas Noor Thoha.