Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Kembali Lakukan Pencermatan DPTHP

BALIKPAPAN—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan kembali melakukan pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan atau DPT-HP yang digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, Rabu pagi (13/02/2019).

Hadir pada acara Rapat Kordinas DPTHP ini diantaranya seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan, anggota Bawaslu Kota Balikpapan Ahmadi Azis, perwakilan dari Lembaga Pemsyarakatan Kota Balikpapan, Kepala Rumah Tahanan Kota Balikpapan, staff dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan serta seluruh anggota PPK sekota Balikpapan.


Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, kegiatan ini digelar terkait dengan perbaikan DPT. Di mana tujuan dari rakor DPTHP apabila DPTnya baik maka diharapkan dapat mengantisipasi gugatan di kemudian hari.

Dalam rakor ini juga sempat dibahas tentang warga Rutan dan Lapas yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga sementara. Ada pula warga Rutan dan Lapas yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT adapula yang belum masuk DPT.

“Jadi pertemuan ini salah satu agendanya adalah membahas masih adanya warga Rutan dan Lapas yang belum memilki NIK dan NKK. Nah ini yang akan kita tindak lanjuti agar mereka dapat mencoblos nanti,” ujar Noor Thoha.

Selain membahas NIK dan NKK warga Rutan dan Lapas, Noor Thoa juga mengatakan, bahwa berdasarkan informasi yang didapat pimpinan Lapas, warga Rutan dan Lapas itu selalu berubah. Sebab setiap hari warganya mengalami penambahan atau pengurangan. “Kan ada warga Rutan dan Lapas itu ada yang pergi dan ada yang datang setiap harinya. Nah itu juga menjadi pembahasan hari ini,” pungkas Noor Thoha.

Pada kesempatan ini pula, perwakilan Rutan dan Lapas juga memohon kepada Disdukcapil Kota Balikpapan, agar kembali melakukan perekaman. Sebab saat melakukan perekaman beberapa waktu lalu yang dilakukan Disdukcapil, masih ada beberapa yang belum melakukan perekaman. “Beberapa waktu lalu, saat Disdukcapil melakukan perekaman di tempat kami, masih ada yang tersisa. Sebab Disdukcapil hanya empat hari saja melakukan perekaman. Untuk itu kami memohon agar Disdukcapil Kota Balikpapan kembali melakukan perekaman di tempat kami,” ujar Febby Kepala Rutan Balikpapan.


Sementara itu, pihak Disdukcapil berjanji akan kembali melakukan perekaman kembali di Rutan dan Lapas ini. “Dalam waktu dekat ini kami berencana kembali melakukan perekaman di Rutan dan Lapas,” ujar Widoyoko ST, Kepala Seksi Pengelolan dan Pengkajian Data Kependudukan sebagai perwakilan dari Disdukcapil Kota Balikpapan.