Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Giliran Universitas Balikpapan Ikuti Sosialisasi Pemilu 2019 yang Digagas KPU Kota Balikpapan

BALIKPAPAN—Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Balikpapan mengikuti Sosiliasi Pemilu 2019 yang digelar di ruang convention, Komplek Kampus Universitas Balikpapan, Senin pagi (18/02/2019).

Puluhan mahasiswa tersebut merupakan perwakilan dari 7 fakultas dari 12 fakultas yang ada di Universitas Balikpapan. Mereka hadir lengkap dengan menggunakan seragam almamaternya.

Sosialisasi Pemilu 2019 ini disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Balikpapan Purwo Atmojo. Di hadapan sejumlah mahasiswa, Purwo Atmojo memberikan materinya tentang Pemilu 2019. Diantranya tentang sudah terdaftarnya mahasiswa ke dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT. Serta memperkenalkan bentuk surat suara.

Dalam materi yang disampaikan Purwo Atmojo, salah satu yang menjadi dasar seseorang warga negara agar bisa mencoblos adalah harus terdaftar di DPT. “Adik adik sekalian sudah berumur 17 tahun kan? Apa kah kalian sudah memiliki KTP Elektronik? Dan apakah kalian sudah terdaftar di DPT,” ujar Purwo Atmojo seraya bertanya kepada sejumlah mahasiswa.

Menurutnya, agar dapat memilih pada Pemilu 2019, syarat utamanya adalah harus masuk DPT. Dan untuk masuk ke DPT harus memiliki KTP Elektronik. “Apakah kalian sudah masuk dalam DPT,” ujar Purwo lagi dengan nada bertanya. Sontak seluruh mahasiswa mengatakan sudah. Sebab para mahasiswa tersebut, sudah mengikuti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Kalimantan Timur yang digelar tahun lalu.

Ia juga mengatakan, bagi mahasiswa yang memiliki KTP luar Balikpapan, namun tinggal di Balikpapan, maka bisa mengikuti Pemilu. Dengan syarat harus mengajukan Formulir A5. “Caranya bagaimana. Kalian tinggal datang ke KPU dengan membawa KTP Elektroniknya. Kemudian mengajukan Formulir A5. Kemudian Formulir A5 tersebut kalian bawa ke PPS yang kantornya di kelurahan, sessuai tempat kalian berdomisili. Nanti PPS akan menentukan TPS yang terdekat dengan domisili kalian. Jadi kalian tidak perlu pulang kampung lagi, hanya untuk mencoblos. KPU kini memberikan kemudahan kepada warga negara yang mau mencoblos di luar domisilinya,” imbuh Purwo Atmojo.

Selain memberikan materi tentang keikutsertaan agar dapat mencoblos pada Pemilu yang akan digelar pad 17 April 2019 yang akan datang. Purwo Atmojo juga memperkenalkan lima lembar surat suara. Di mana lima lembar surat suara itu adalah, surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Surat suara calon anggota DPD RI, calon anggota DPR RI, calon anggota DPRD Provinsi Kaltim dan calon anggota DPRD Kota Balikpapan.

“Jadi ke lima surat suara itu nanti akan kalian dapatkan. Di mana masing masing surat suara memiliki warna yang berbeda. Tujuannya agar kalian mudah membedakannya. Dan yang perlu diingat, saat mencoblos, pilihlah satu saja calon. Sebab jika kalian mencoblos lebih dari satu. Maka otomatis surat suara kalian tidak sah,” terang Purwo Atmojo sembari memperlihatkan contoh surat suara.


Setelah memberikan materi, Purwo Atmojo memberikan kesempatan bertanya kepada sejumlah mahasiswa yang hadir pagi itu. Di mana ada beberapa mahasiswa yang menanyakan beberapa hal teknis terkait pencoblosan. Usai sesi tanya jawab dilakukan, para mahasiswa mengikuti sesi foto bersama diikuti Komisioner KPU Kota Balikpapan Purwo Atmojo.