Sab. Jul 20th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

PULUHAN SISWA SMA DAN MAHASISWA DARI BERBAGAI PERGURUAN TINGGI SEMARAKKAN LOMBA MURAL YANG DIGAGAS KPU KOTA BALIKPAPAN

BALIKPAPAN—Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 kali ini, KPU Kota Balikpapan menggelar lomba Mural atau lomba melukis di dinding atau tembok yang digelar di Kantor KPU Kota Balikpapan, Sabtu (16/3/2019).

Lomba Mural ini diikuti oleh 20 peserta. Mereka berasal dari sejumlah siswa dari berbagai SMA yang ada di Balikpapandan sejumlah kelompok mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Balikpapan.

Ketua panitia Lomba Mural RR Suprasmi Retnaningsih SE dalam sambutannya mengatakan, bahwa lomba Mural ini menjadi rangkaian sosialisasi KPU dalam meningkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 kali ini. Dan lomba Mural ini merupakan pertama kali digelar.

Lebih lanjut Suprasmi menyampaikan, bahwa lomba Mural ini disambut baik masyarakat, khusus pemilih pemula, seperti pelajar dan mahasiswa. Ini dibuktikan dengan adanya apresiasi pelajar dan mahasiswa yang mengikuti lomba Mural ini.

Suprasmi juga mengatakan, dengan diadakannya Lomba Mural ini, disambut baik oleh pihak sekolah dan pihak beberaoa perguruan tinggi yang ada di Balikpapan. “Saya ucapkan terimakasih kepada pihak sekolah dan pihan perguruan tinggi yang sudah memberikan supportnya hingga lomba Mural ini dapat terlaksana pada hari ini,” ujar Eno—sapaan akrabnya.

Untuk lomba Mural ini, panitia memberikan 6 penghargaan berupa uang tunai, tropy penghargaan dan sertifikat. Untuk juara ke 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,- + Tropy Penghargaan dan sertifikat. Juara ke 2 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 2.250.000,- +Tropy Penghargaan dan sertfikat. Sedang juara ke 3 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.750.000,-

Selain memberikan hadiah dan tropy untuk juara 1 hingga juara 3. Panitia juga memberikan hadiah kepada juara Harapan 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.250.000,- + sertifikat. Juara Harapan 2 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,- + sertifikat. Dan untuk Juara Harapan ke 3 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 750.000 + sertifikat.

Dalam lomba mural ini, terdiri dari 20 kelompok. Di mana masing masing kelompok terdiri dari 2 hingga orang personil. Dan jangka waktu yang ditetapkan dalam membuat Mural tersebut selama 5 jam lamanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati mengatakan, lomba Mural ini berbeda dengan lomba Mural pada umumnya. Sebab lomba Mural yang diprakarsai oleh KPU Kota Balikpapan tidak dipungut biaya pendaftaran. “Dan para peserta yang mengikuti lomba Mural ini kami subsidi Dua Ratus Lima Puluh Ribu. Dana itu diharapkan untuk dijadikan modal untuk membeli cat dan bahan bahan lainnya untuk membuat mural,” ujar Endang kepada sejumlah wartawan, disela-sela berlangsung lomba Mural itu.

Lebih lanjut Endang mengatakan, dalam lomba Mural itu, desainnya harus asli dengan desain peserta itu sendiri. Tidak boleh meniru dengan desain orang lain. Tidak berbau sara. Tidak boleh menampilkan kata kata kasar. “Yang paling utama yaitu tidak menampilkan keterpihakkan salah satu peserta Pemilu,” pungkas Endang Susilowati.