Sab. Agu 24th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

STIE Madani Raih Juara Pertama Lomba Mural

BALIKPAPAN–Lomba Mural yang digelar oleh KPU Kota Balikpapan diumumkan tepat bersamaan dengan acara Konser Musik yang dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Sabtu malam (16/03/2019).

Dari 20 peserta yang mengikuti lomba mural itu, STIE Madani berhasil meraih juara pertama. Sedang untuk juara ke dua diraih oleh SMA Negeri 8 Balikpapan dan Juara Ketiga diraih oleh mahasiswa dari Universitas Balipapan.

Lomba Mural yang diprakarsai KPU Kota Balikpapan ini sengaja digelar bagi pemilih pemula. Makanya pesertanya seluruhnya dari kalangan pelajar SMA atau SMK atau dari mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Balikpapan.

Selain memberikan juara pada even ini, panitia juga memberikan juara hingga level juara harapan ke tiga.

Untuk juara harapan ke satu diraih oleh SMK Negeri 2 Balikpapan. Juara harapan ke dua diraih oleh mahasiswa Universitas Balipapan. Dan juara harapan ke tiga diraih oleh SMA Negeri 7 Balikpapan.

Sedang untuk hadiahnya, untuk juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000, piala dan sertifikat. Juara ke dua mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.250.000,-, piala dan sertifikat. Lalu juara ke tiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.750.000,- ditambah tropy dan sertifikat.

Begitu pula dengan juara harapan ke satu, mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 1.250.000 beserta sertifikat. Untuk juara harapan ke dua mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.000.000 ditambah sertifikat. Dan terakhir untuk juara harapan ke tiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 750.000,- ditambah sertifikat.

Lomba mural ini dilakukan secara berkelompok. Di mana masing masing kelompok terdiri dari 2 hingga paling banyak 5 orang.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati mengatakan, lomba Mural ini berbeda dengan lomba Mural pada umumnya. Sebab lomba Mural yang diprakarsai oleh KPU Kota Balikpapan tidak dipungut biaya pendaftaran. “Dan para peserta yang mengikuti lomba Mural ini kami subsidi Dua Ratus Lima Puluh Ribu. Dana itu diharapkan untuk dijadikan modal untuk membeli cat dan bahan bahan lainnya untuk membuat mural,” ujar Endang kepada sejumlah wartawan, disela-sela berlangsung lomba Mural itu.

Lebih lanjut Endang mengatakan, dalam lomba Mural itu, desainnya harus asli dengan desain peserta itu sendiri. Tidak boleh meniru dengan desain orang lain. Tidak berbau sara. Tidak boleh menampilkan kata kata kasar. “Yang paling utama yaitu tidak menampilkan keterpihakkan salah satu peserta Pemilu,” pungkas Endang