Sab. Agu 24th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Polisi Siap Amankan Jalannya Distribusi Logistik Pemilu Hingga Berakhirnya Perhitungan Suara

BALIKPAPAN—Persiapan dan pendistribusian logistik Pemilu 2019 sampai dengan saat ini masih terus dilakukan. Bahkan seluruh staff, tenaga pendukung, bahkan dari Ketua dan Komsisioner, Sekretaris dan seluruh Kasubbag turut terlibat mempersiapkan distribusi ligistik Pemilu tersebut.

Untuk pendistribusiannnya saja, KPU menargetkan, bahwa dalam satu hari harus selesai satu kecamatan. Praktis untuk mencapai target terpenuhinya logistik Pemilu tersebut, seluruh staff dan tenaga pendukung ditambah sejumlah buruh dari luar harus bekerja dari pagi hingga dini hari.

Hal ini juga termasuk pendistribusiannnya dengan menggunakan kendaraan pengangkut berupa truk yang berjumlah 6 unit. Truk truk ini membawa puluhan kotak suara, yang didalam kotak tersebyt, sudah terisi surat suara, formulir C dan C1, formulir C1 plano, sampul dan plastik. Ditambah lagi logistik lainnya berupa tinta, paku dan bantalannya.

Proses pendistribusian surat suara juga dikawal oleh aparat kepolisian dari Polres Balikpapan. Yang jumlahnya antara 10 hingga 15 personil polisi. Dengan menggunakan mobil patroli ditambah dengan mobil Shabara, 6 unit truk ini dikawal dari kantor KPU Kota Balikpapan, menuju sejumlah kantor kelurahan di beberapa kecamatan.

Memasuki dua hari menjelang hari pencobloan, KPU menargetkan bahwa logistik Pemilu ini sudah harus tiba di TPS satu hari sebelum hari pencoblosan. “Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, KPU harus melakukannya. Makanya kita kebut pekerjaan ini. Hingga jangan heran kami bekerja sampai dini hari. Tujuan tak lain, agar seluruh logistik Pemilu sudah di TPS sehari sebelum pencoblosan. Dan ini mutlak, tidak bisa ditawar-tawarlagi. Bahwa logistik Pemilu ini sudah ada di TPS sehari sebelum waktu pencoblosan,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

Sementara itu, Kapolres Baslikpapan AKBP Wiwin Firta YAP S.IK mengatakan, bahwa pihaknya akan terus mengawal jalannya pendistribusian logistik Pemilu ini. Bahkan bukan sekedar mengawal dari kantor KPU ke kantor kelurahan. Tetapi polisi turut pula mengamankan logistik tersebut di gudang-gudang yang ada di 34 kelurahan yang ada di Balikpapan.

Ia juga mengatakan, selain melakukan pengawalan pendistribusian logistik Pemilu, pengamanan logistik Pemilu di kelurahan kelurahan. Polisi juga turut mengamankan semua TPS saat hari pencoblosan nanti. “Kami tidak hanya sebatas mengawal dan mengamankan logistik Pemilu di kantor kelurahan. Tetapi saat pencoblosan nanti semua anggota saya akan saya turunkan. Jumlahnya sekitar 500 orang. Dan kami melakukan pengamanan hingga proses penghitungan suara selesai dilakukan. Selain dari anggota kami di kepolisian. Kami juga didampingi personil TNI yang turut serta mengamankan jalannya proses pemunggutan suara hingga berakhirnya penghitungan suara,” ujar Wiwin Firta.