Sel. Sep 24th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Sejumlah Parpol Peserta Pemilu 2019 Telah Serahkan LPPDK

BALIKPAPAN—Sejumlah partai politik peserta Pemilu 2019 telah memberikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke Kantor KPU Kota Balikpapan hingga batas waktu yang ditentukan, yaitu pukul 18.00 Rabu 1 Mei 2019.

Penyerahan LPPDK itu wajib dilakukan oleh seluruh pengurus Parpol sesuai dengan Surat Edaran KPU dan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2019. Di mana dalam tahapan Pemilu 2019 salah satunya adalah penyerahan LPPDK ke KPU.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, sampai dengan waktu yang ditetapkan, seluruh Parpol telah memberikan laporan LPPDK ke Kantor KPU. Hanya 1 partai dari 16 Parpol peserta Pemilu 2019 yang tidak memberikan laporan, yaitu PKPI yang memang tidak memiliki Calon Legislatif di Kota Balikpapan pada Pemilu kali ini.

Noor Thoha juga menyampaikan, bahwa penyerahan LPPDK itu dinilai wajib dan harus ditaati oleh seluruh Parpol. “Apabila tidak menyerahkan sampai dengan batas waktu yang ditentukan, maka sama saja itu melanggar kepatuhan,” ujar Noor Thoha.

Ia juga menyebutkan, sanksi yang diberikan tak tanggung-tanggung, apabila ada Parpol yang tidak memberikan LPPDK, maka apabila ada Parpol yang mendapatkan kursi tidak bisa ditetapkan sebagai anggota legislatif. “Sanksinya jelas, apabila tidak menyerahkan, maka apabila mendapatkan kursi maka tidak bisa ditetapkan sebagai anggota legislatif,” imbuh Noor Thoha.

Sampai dengan batas waktu yang ditentukan, sebanyak 15 Parpol telah resmi menyerahkan dokumen LPPDK ke Kantor KPU Kota Balikpapan. Dan semua dokumen yang diberikan oleh setiap Parpol telah diterima oleh Sub Bagian Hukum Sekretariat KPU Kota Balikpapan.