Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Libatkan Kejaksaan Dalam Hal Pendampingan, KPU Kota Balikpapan Studi Banding Ke KPU Sidoarjo

SIDOARJO—Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan melakukan studi banding ke KPU Kabupaten Sidoarjo. Studi banding ini sengaja dilakukan KPU Kota Balikpapan dalam rangka melakukan pendampingan dari pihak Kejaksaan Negeri dalam hal pengelolaan keuangan dalam rangka Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan yang akan digelar pada tahun 2020 nanti. Studi banding ini digelar di ruang rapat Kantor KPU Kabupaten Sidoarjo, Jumat pagi (21/06/2019).

Hadir pada acara studi banding tersebut diantaranya Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo M. Iskak, dan 3. orang komisioner KPU Sidoarjo, diantaranya Miftahul Rohmah, Ana Azizah, Musonif Afandi. Serta seluruh Kasubbag Sekretariat KPU Kota Sidoarjo.

Pada acara pertemuan ini pula, hadir Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, 2 orang komisioner KPU Balikpapan, Ridwansyah dan Yan Fauzi dan hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan Joeli Soelistyanto, Adi Wibowo Kasi Datun Kejari Balikpapan dan beberapa staf dari KPU Kota Balikpapan. Serta hadir pula Ketua KPU Provinsi Kaltim Rudiansyah.

Dalam pertemuan itu, Ketua KPU Sidorajo M Iskak menyampaikan paparan terkait dengan kegiatan kegiatan Pemilihan Bupati, Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019. Di hadapan sejumlah peserta yang hadir M Iskak menyampaikan tentang anggaran yang dialokasikan di setiap event pemilihan kepala daerah dan Pemilu 2019.

Ia mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melibatkan pihak kejaksaan Negeri Sidoarjo dalam hal pengelolaan keuangan dan pengawasan dalam semua tahapan pemilihan kepala daerah. Terutama terkait dengan beberapa hal. Seperti pertimbangan hukum dan terkait dengan anggaran. “Kalau memungkinkan, kita nanti berharap dari persionil kejaksaan Kabupaten Sidoarjo ada yang masuk di Pokja kita. Supaya pengawasannya lebih dalam dan kita lebih enak dalam hal komunikasi,” ujar M Iskak.
Pendampingan dari pihak Kejaksaan Negeri Sidoarjo dengan KPU Sidoarjo, menurut M Iskak sudah beberapa kali dilakukan, diantaranya Pilkada Tahun 2015, kemudian di Pilgub dan pada Pemilu 2019 yang baru saja digelar, KPU Sidorajo juga turut melibatkan Kejaksaan dalam pengawasan dan pendampingan.

Sementara itu Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, bahwa pihaknya akan segera merealisasikan rencana KPU Kota Balikpapan dalam rangka pendampingan pengunaan anggara Pilwali 2020. “Rupanya, teman teman sidoarjo sudah jauh melangkah. Mereka sudah melakukan lebih dahulu. Dan ini akan kita adopsi di Balikpapan dengan melakukan pendampingan dengan pihak kejaksaan. Tidak hanya sebatas MoU, tapi juga melibatkan Kejaksaan ke dalam Pokja Pokja di setiap kegiatan dalam tahapan Pilwali nanti,” papar Noor Thoha.