Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Dinilai Berhasil Melakukan Pendampingan Besama Kejaksaan, KPU Balikpapan Studi Banding ke KPU Surabaya

SURABAYA—Setelah melakukan kunjungan ke KPU Kabupaten Sidoarjo, KPU Kota Balikpapan kembali melakukan kunjungan dan studi banding ke KPU Kota Surabaya. Kunjungan ini dilakukan oleh Ketua KPU Kota Balikpapan beserta 2 komisioner dan sejumlah staff sekretariat Kota Balikpapan yang dilaksanakan di ruang pertemuan kantor KPU Surabaya, Jumat siang (21/06/2019).

Selain dihadiri ketua dan komisioner serta staff dari Sekretariat KPU Kota Balikpapan. Turut hadir Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, Suwardi dari komisoner KPU Kaltim. Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan Julie Soelistyanto dan Kasidatun Kejari Balikpapan Adi Wibowo.

Dalam pertemuan tersebut, terjadi sharring pengetahun tentang kerjasama antara KPU dan Kejaksaan dalam proses penggunaan dana hibah pilkada. Kedatangan rombongan disambut oleh komisioner KPU Kota Surabaya yakni Muhammad Kholid AS, Naafilah Astri Swarist dan Soeprayitno. Serta hadir pula seluruh Kasubbag sekretariat KPU Kota Surabaya. Dalam pertemuan tersebut, terjadi sharring pengetahun tentang kerjasama antara KPU dan Kejaksaan dalam proses penggunaan dana hibah pilkada.

Komisioner KPU Kota Surabaya Muhammad Kholid AS menjelaskan, pada pilkada tahun 2015 lalu pihaknya telah melakukan sebuah kerjasama dengan pihak Kejaksaan Negeri Surabaya dalam hal pendampingan penggunaan anggaran pilkada, bahkan pendampingan hukum selama pilkada. “Kita memang sudah lama kerjasama minta pendampingan dalam melaksanakan pilkada atau pemilu,” ujar Komisioner KPU Kota Surabaya Muhammad Kholid AS.

Lebih lanjut Muhhammad Kholid mengatakan, untuk Pilkada tahun 2020 nanti, KPU Surabaya belum melakukan kerjasama. Namun pengalaman tahun tahun sebelumnya sudah dilakukan. “Kami sudah melibatkan Kejaksaan dalam hal pendampingan pada Pilkada tahun 2010 dan tahun 2015. Hanya untuk Pilkada tahun 2020 nanti, kami belum melibatkan kejaksaan sampai saat ini. Namun dalam waktu dekat ini, kami juga akan segera menggandeng Kejaksaan dalam kegiatan Pilkada Surabaya Tahun 2020 mendatang,” pungkas Muhammad Kholid.