Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Hadiri Sosialisasi Pembentukan Duta Pemilu

BALIKPAPAN—Puluhan pelajar dari berbagai SMA dan SMK serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kota Balikpapan menghadiri acara Ngobrol Pintar yang digelar di Kedai KFC Pasar Baru Balikpapan, Rabu siang (26/06/2019).

Kegiatan yang diprakarsai oleh KPU Kota Balikpapan itu bertujuan untuk memberikan informasi kepada sejumlah pelajar dan mahasiswa yang hadir pada saat itu, tentang rencana dibentuknya Duta Pemilu. Pembentukan Duta Pemilu ini dinilai penting mengingat pada tahun 2020 nanti, Balikpapan akan menggelar pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan.

Hadir sebagai pembicara adalah Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim dan Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syabrani. Keduanya tampil secara bergantian untuk memberikan paparan tentang rencana KPU untuk membentuk Duta Pemilu tersebut.


Syabrani yang lebih awal memberikan paparan mengatakan, bahwa rencana KPU untuk membentuk Duta KPU itu dinilai sangat penting. Dikarenakan jumlah pemilih pemula yang memasuki usia 17 tahun angkanya cukup besar setiap tahunnya. “Ada sebanyak 10.000 orang yang masuk dalam katagori pemilih pemula muda atau memasuki usia 17 tahun setiap tahun yang ada di Kota Balikpapan. Angka ini terbilang besar. Untuk itulah kami mengundang adik adik sekalian, bahwa kami akan membentuk Duta Pemilu di setiap, SMA, SMK atau yang sederajat, serta kampus kampus yang ada di Balikpapan,” ujar Syabrani.


Tugas dari pada Duta Pemilu ini nanti adalah memberikan informasi di lingkungan sekolah dan kampus kampus bahwa pada tanggal 23 September 2020 nanti akan digelar pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan. “Jadi nanti adik adik sekalian bisa mengambil peran, untuk memberikan informasi kepada teman-temannya, bahwa akan ada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan pada 23 September 2020 nanti. Untuk itu pastikan bahwa bahwa teman teman kalian apakah sudah berusia 17 tahun itu sudah memiliki KTP dan masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT. Ini juga menjadi informasi yang bisa kalian sampaikan kepada teman teman kalian nanti,” papar Syabrani.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim menyampaikan, selain membentuk Duta Pemilu, KPU juga menghimbau kepada para pelajar dan mahasiswa untuk terlibat langsung ke dalam kegiatan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan tahun 2020 mendatang. Diantaranya bisa menjadi petugas KPPS atau bisa juga terlibat dalam relawan demokrasi. “Ada 11 kelompok relawan demokrasi. Di antaranya basis mahasiswa, perempuan, milnenial dan lain lain. Kalian juga bisa terlibat di sana. Dan di sini kalian akan mendapatkan honor dari KPU, jika kalian tergabung dalam relawan demokrasi atau menjadi petugas KPPS,” ujar Syahrul Karim.


Ia juga menyampaikan, bahwa bagi pemilih pemula, khususnya pelajar yang memasuki usia 17 tahun, bukan hanya sekedar memberikan informasi di lingkungan mereka saja. Namun juga diharapkan agar berperan aktif di hadapan masyarakat lansgung. “Kami juga berharap kepada teman-teman sekalian, agar berperan aktif dalam pesta demokrasi kali. Minimal di lingkungan keluarganya sendiri atau di lingkungan sekolahnya. Jadilah bagian pada pesta demokrasi yang digelar kali ini,” pesan Syahrul Karim.

Pembentukan Duta Pemilu ini nantinya akan dibuat di setiap SMA, SMK dan Madrasah Aliyah serta kampus kampus yang ada Balikpapan. Keberadaan Duta Pemilu dinilai efektif, sebagai perpanjangan tangan KPU di lingkungan pendidikan. Tak hanya menyampaikan tahapan Pilkada saja, namun juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di lingkungan sekolah dan kampus.

Usai memberikan paparan, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dirangkai dengan diskusi antara pelajar serta mahasiswa dengan komisioner serta sekretaris KPU Kota Balikpapan dan diakhiri dengan momen foto bersama