Ming. Nov 17th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Akan Bentuk Duta Pemilu

BALIKPAPAN—Dalam rangka menyongsong Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020 mendatang, KPU Kota Balikpapan menggelar acara sosialisasi pembentukan Duta Pemilu yang dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (11/07/2019).

Sosialisasi pembentukan Duta Pemilu ini dihadiri puluhan pelajar dari sejumlah SMA dan SMK sekota Balikpapan. Baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta.  Di mana masing-masing sekolah diwakili oleh 2 pelajar. Dengan jumlah keseluruhan sebanyak 60 pelajar.

Hadir pada acara sosialisasi tersebut diantaranya Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan. Sekretaris KPU Provinsi Kaltim Syarifudin Rusli. Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syabrani dan sejumlah staff KPU Kota Balikpapan turut pula hadir.

Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syabrani saat membuka kegiatan ini menyampaikan, dibentuknya Duta Pemilu ini sengaja dilakukan untuk dijadikan sebagai perpanjangan tangan KPU dalam hal menyampaikan informasi tentang kepemiluan. Khususnya pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan yang direncanakan digelar pada 23 September 2020 mendatang.

Ia juga menyampaikan, bahwa Duta Pemilu ini sengaja dibentuk di kalangan pelajar yang masuk dalam katagori pemilih pemula. “Diantara adik adik sekalian kan saat ini ada yang sudah berusia 17 tahun atau tahun depan baru memasuki umur 17 tahun. Ini artinya kalian memiliki hak pilih pada pemilihan Walikota Balikpapan tahun depan. Untuk itulah Duta Pemilu ini kami bentuk, agar adik adik nanti bisa memberikan informasi kepada keluarga, teman di sekolah, maupun di lingkungan tempat kalian tinggal,” ujar Syabrani.

Selain Syabrani, Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Timur Syarifudin Rusli turut memberikan arahan. Ia menyebut, bahwa para pelajar  yang sudah berusia 17 tahun ini sama-sama memiliki hak suara dalam pemilihan Walikota Balikpapan nanti. Sehingga dengan dibentuknya Duta Pemilu ini diharapkan para pelajar akan mengetahui tentang apa itu pemilihan kepala daerah.

Usai memberikan arahan giliran Ketua KPU Kota Balikpapan dan seluruh Komisioner memberikan penyuluhan secara bergantian. Mereka secara bergiliran memberikan informasi tentang kepemiluan. Mulai dari sejarah Pemilu dari masa ke masa. Hingga pentingnya pengetahun dasar tentang apa itu Pemilu. Setelah memberikan arahan, acara ditutup dengan momen foto Bersama dan diakhiri dengan makan siang.