Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Puluhan Pelajar Antusias Ikuti Bimtek Duta Pemilu

BALIKPAPAN—Puluhan pelajar dari 30 SMA dan SMK seBalikpapan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar di Ball Room Hotel Menara Bahtera Balikpapan, Sabtu (13/07/2019).

Puluhan pelajar itu merupakan perwakilan dari SMA dan SMK yang ada di Balikpapan. Baik dari sekolah negeri maupun swasta. Di mana masing masing sekolah diwakili oleh 2 pelajar dengan jumlah keseluruhannya mencapai 60 pelajar. Para pelajar ini diseleksi pihak sekolah agar dapat menjadi perwakilan sekolahnya sebagai Duta Pemilu KPU Kota Balikpapan.

Dalam bimbingan teknis ini, hadir sebagai pembicara adalah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan. Serta Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syabrani turut pula memberikan arahan.

Bimtek yang dilakukan dari pagi hingga petang tersebut, diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh ketua dan seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan secara bergiliran. Diantaranya tentang pengetahun mengenai kelembagaan KPU, pentingnya Pemilu dan demoktasi, pemilih pemula dan upaya peningkatan partisipasi pemilih, tahapan-tahapan dalam Pemilu dan siklus Pemilu.

Menariknya dalam Bimtek ini, selain diberikan pengetahuan tentang kepemiluan, politik dan demokrasi. Ada pula sesi permainan atau ice breaker. Membuat suasana Bimtek ini menjadi cair dan para peserta dapat mengenal satu sama lain.

Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syabrani mengatakan, pembentukan Duta Pemilu ini dinilai penting. Sebab para pelajar ini merupakan segmen pemilih pemula, yang memiliki ruang lingkup yang jelas, yaitu di lingkungan sekolah. Dengan target adalah pelajar yang sudah berusia 17 tahun pada tahun ini atau berusia 17 tahun pada tahun 2020 mendatang. Di mana pada tahun 2020 nanti akan ada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dari kalangan pemilih pemula.

Syabrani juga mengatakan, bimbingan teknis ini sengaja dilakukan agar para Duta Pemilu ini dapat melakukan sosialisasi di sekolahnya masing-masing. Mereka diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan KPU di lingkungan sekolahnya. Dan para Duta Pemilu ini juga diharapkan kedepannya dapat ambil bagian dalam kegiatan Pemilu atau Pilkada. Baik itu sebagai anggota KPPS, anggota PPS, anggota PPK bahkan tidak menutup kemungkinan dapat menjadi komisioner KPU.

“Yah kami berharap, agar para Duta Pemilu ini akan berkelanjutan. Bukan hanya melakukan sosialisasi di sekolah saja. Tapi nanti di masa masa akan datang mereka ini tidak menutup kemungkinan menjadi Komisioner KPU. Atau bahkan ada yang menjadi walikota atau menjadi anggota dewan. Di Bimtek inilah mereka diberikan pengetahuan dasar tentang apa itu demokrasi, apa itu Pemilu dan politik,” kata Syabrani seraya mengatakan, para Duta Pemilu ini dalam waktu dekat akan dikukuhkan yang rencananya akan dilakukan oleh Walikota Balikpapan.