Ming. Nov 17th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Kukuhkan Duta Pemilu

BALIKPAPAN—Setelah terpilih dan mengikuti bimbingan teknis, sebanyak 60 pelajar dari 30 SMA dan SMK sekota Balikpapan secara resmi dikukuhkan oleh Ketua KPU Kota Balikpapan. Pengukuhan Duta Pemilu KPU Kota Balikpapan ini dilaksanakan di Ball Room Hotel Menara Bahtera Balikpapan, Rabu siang (17/07/2019).

Pengukuhan ini disaksikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan Drs Syaiful Bachri serta sejumlah pejabat diantaranya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur.

Syaiful Bachri mengatakan, pemerintah kota menyambut baik atas terbentuknya Duta Pemilu KPU Kota Balikpapan ini. Bahkan Pemkot Balikpapan sangat memberikan apresiasi kepada para pelajar yang telah terpilih mewakili sekolahnya sebagai Duta Pemilu.

“Yah, kami menyambut baik atas dibentuknya Duta Pemilu ini sebagai perpanjangan tangan KPU Kota Balikpapan dalam melakukan sosialisasi. Karena tidak semua sosialisasi dilakukan oleh KPU sendiri, maka harus melibatkan pihak lain, seperti melibatkan pelajar yang masuk katagori pemilih pemula,” ujar Syaiful Bachri dihadapan sejumlah wartawan.

Dengan dibentuknya Duta Pemilu ini, menurut Syaiful Bachri dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan pada tahun 2020 yang akan datang. Khususnya di kalangan pemilih pemula yang usianya sudah memasuki usia 17 tahun yang memiliki hak pilih.

Ia juga menyebut, dalam Pemilu Tahun 2019 lalu, tingkat partisipasi pemilih mendekati 75% Untuk itu dengan dibentuknya Duta Pemilu ini, tingkat partisipasi bisa mencapai 90% atau bahkan mencapai 100%. “Kalangan pelajar ini kan termasuk kaum milenial. Untuk itu diharapkan agar kaum milenial ini dapat meningkatkan presentase jumlah pemilih khususnya dikalangan anak muda dan pemilih pemula,” pungkas Syaiful Bachri.

Acara pengukuhan Duta Pemilu ini juga dirangkai dengan penyematan ID Card Duta Pemilu KPU Kota Balikpapan dan penyerahan serttifikat kepada seluruh anggota Duta Pemilu.