Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Gelar Rapat Pleno Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD

BALIKPAPAN–Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Balikpapan dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 yang dilaksanakan di Ball Room Hotel New Benakutai Balikpapan, Senin pagi (22/07/2019).

Hadir pada rapat pleno tersebut diantaranya Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan. Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh. Ketua Bawaslu Kota Balikpapan Agustan beserta seluruh anggota Bawaslu Kota Balikpapan. Kepala Kantor Kesbangpol Kota Balikpapan Ketut Rasna.  PLT Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hasbullah Helmi. Sejumlah pejabat dari Forkompimda Kota Balikpapan. Para Camat dan Lurah sekota Balikpapan. Serta perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019.

Rapat pleno ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan  Nomor: 238/PK.01-BA/02/KPU/2019 Tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Anggota DPRD Teripilih pada Pemilu 2019.

Surat Keputusan itu dibaca  secara bergantian oleh ketua dan seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan berdasarkan Daerah Pemilihan atau Dapil. Di mana untuk Balikpapan sendiri terdiri 6 Daerah Pemilihan sama dengan jumlah kecamatan yang ada di Kota Balikpapan. Mereka membacakan jumlah perolehan kursi untuk semua partai politik peserta Pemilu 2019.

Usai dibacakannya  SK Penetapan tersebut, Noor Thoha menyampaikan kepada perwakilan partai politik dan Bawaslu, apakah ada yang menyanggah terkait SK yang baru saja dibacakan tersebut. Dan seluruh perwakilan Parpol secara serentak menyatakan tidak ada yang menyanggahnya. Dan satupun tidak ada yang melakukan protes.

Setelah pembacaan SK Penetapan itu, acara dirangkai dengan penandatanganan  Berita Acara SK Penetapan yang dilakukan oleh Ketua dan seluruh Komisoner KPU Kota Balikpapan. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan oleh perwakilan dari 16 Parpol peserta Pemilu 2019.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan berita acara kepada Bawaslu dan seluruh perwakilan dari partai politik.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan setelah penetapan ini, KPU akan mengirimkan surat kepada Gubernur Kalimantan Timur  melalui Walikota Balikpapan untuk dilakukan pelantikan terhadap 45 anggota DPRD yang terpilih tersebut. “Kalau itu sudah kami lakukan maka tugas KPU sudah sampai disini. Jadi tahapan Pemilu 2019 ini sudah berakhir setelah rapat pleno ini selesai dilaksanakan. Mengenai pelantikan di mana dan kapan itu kewenangan gubernur,” ujar Noor Thoha dihadapan sejumlah wartawan  usai rapat pleno.

Noor Thoha juga mengatakan, Rapat Pleno Terbuka ini merupakan penetapan hasil Pemilihan Umum 2019 bagi anggota DPRD terpilih sebanyak 45 orang. Hal ini menurutnya jumlah kursi yang ada menyesuaikan dengan jumlah penduduk dari 500.000 jiwa sampai 1 juta Jiwa maka jumlah kursinya hanya 45. “Di Balikpapan ini kan penduduknya tujuh ratusan ribu. Maka jumlah anggota DPRDnya 45 orang. Namun jika jumlah penduduknya lebih dari 1 juta, maka jumlah kursi bisa saja mencapai 50 Kursi,” jelas Thoha.

Dalam Pileg 17 April 2019 diketahui partai dengan jumlah kursi terbanyak yakni Partai Golkar 11 kursi, PDIP 8 kursi, Gerindra 6 kursi, PKS 6 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi, NasDem 3 kursi, Hanura 2 kursi, Perindo 1 kursi, dan PKB 1 kursi.