Ming. Sep 22nd, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Pemilu Usai, PPK dan PPS Kota Balikpapan Resmi Dibubarkan

BALIKPAPAN—Setelah menggelar Rapat Pleno Terbuka tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Balikpapan dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU Kota Balikpapan melakukan pembubaran anggota PPK dan PPS serta Relawan Demokrasi. Pembubaran PPK, PPS dan Relawan ini dilaksanakan secara resmi yang digelar di Ballroom Hotel New Benakutai Balikpapan, Senin siang (22/07/2019).

Hadir pada acara tersebut diantaranya Ketua dan seluruh komisioner KPU Kota Balikpapan, Ketua dan anggota Bawaslu Kota Balikpapan, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Balikpapan, Kepala Bagian Pemerintahan Sekdakot Kota Balikpapan, Para Camat dan Lurah sekota Balikpapan, Ketua dan seluruh anggota Panitia Pemililihan Kecamatan (PPK), Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) serta seluruh anggota yang tergabung dalam Relawan Demokrasi sekota Balikpapan.


KPU Kota Balikpapan sengaja menggelar pembubaran PPK, PPS dan Relawan ini karena seluruh tahapan Pemilu Tahun 2019 secara resmi berakhir, pasca dilaksanakanmya Rapat Pleno Terbuka tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Balikpapan.

Acara pembubaran ini terlihat penuh kekeluargaan, dikarenakan para anggota PPK, PPS dan Relawan ini memang selalu bersama-sama dan terlibat di dalam berbagai kegiatan di setiap tahapan Pemilu Tahun 2019. “Sedih juga sih. Kita kan dalam waktu hampir setahun ini selalu bersama-sama menjalani tugas. Suka dan duka juga sama-sama kita alami. Yah semoga kebersamaan kita tak putus sampai di sini,” ujar Ami anggota PPS Kelurahan Sungai Nangka, Kecamatan Balikpapan Selatan.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PPK Balikpapan Selatan Purwadi. Ia menyebut banyak sekali kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukannya bersama-sama anggota PPK lainnya. Bagi Purwadi selama diringa menjadi ketua bersama anggota PPK lainnya banyak sekali pengalaman serta ilmu yang ia dapat. “Kita jadi lebih tau apa itu berdemokrasi. Apa itu Pemilu. Yah semoga pembubaran PPK dan PPS bukan berarti kita putus hubungan. Kami berharap hubungan kami sesama anggota PPK,PPS dan Relawan tetap terjalin. Sebab selama hampir setahun kami selalu bersama-sama menjalani tugas. Kami sudah seperti keluarga,” ujar Purwadi.


Sementara itu Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam sambutannya mengatakan, KPU Kota Balikpapan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi para anggota PPK, PPS maupun juga para Relawan Demokrasi.

“Saya bangga dengan teman-teman sekalian, baik itu kepada PPK maupun PPS serta Relawan. Yang dalam hampir satu tahun ini mejalani tugas dengan baik. Dengan penuh dedikasi dan berkat ketulusan teman-teman sekalian penyelenggaraan Pemilu 2019 ini berjalan lancar, aman dan tertib,” ujar Noor Thoha.

Dipenghujung acara, KPU Kota Balikpapan secara simbolis memberikan sertifikat kepada seluruh anggota PPK, PPS serta para Relawan .