Sen. Des 16th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Refleksi Kinerja Untuk Mendapatkan Sesuatu yang Baru

Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota

Refleksi Kinerja untuk Mendapatkan Sesuatu yang Baru

Tanggal : 22 Sep 2019 11:35:00 • Penulis : admin • Dibaca : 43 x

Jakarta, kpu.go.id – Rangkaian kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) 2019 resmi dibuka serentak, Sabtu (21/9/2019). Di Hotel Aston Grogol, Jakarta, Anggota KPU RI Wahyu Setiawan mengajak peserta dari KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kabupaten/Kota Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat untuk memanfaatkan sebaiknya konsolnas untuk mengevaluasi Pemilu 2019 serta meramu strategi menghadapi Pemilihan Serentak 2020.

“Kita berharap kegiatan konsolnas ini substansinya adalah kita merefleksi kinerja kita kemudian kita mendapat sesuatu yang baru untuk dilaksanakan pada pemilu maupun pemilihan selanjutnya,” ujar Wahyu.

Wahyu yang hadir didampingi Anggota Ilham Saputra, Kepala Biro SDM Lucky Firnandy Majanto dan Wakil Kepala Biro Teknis dan Hupmas Supriatna mengatakan momentum Pemilihan Serentak 2020 sebagai penegasan kesuksesan yang telah ditorehkan pada Pemilu 2019 lalu. “Oleh karena itu kita semua berharap kinerja yang baik dari bapak/ibu semua semoga terjaga. Syukur dapat ditingkatkan di Pemilihan 2020,” lanjut Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu pun menekankan pentingnya pencapaian partisipasi pemilih yang tinggi baik di pemilu maupun di pemilihan kepala daerah. Seperti di Pemilu 2019, kesuksesan mencapai partisipasi 81,93 persen telah membuat mata dunia ingin belajar banyak dari pemilu Indonesia. “Karena salah satu ukuran keberhasilan pemilu adalah partisipasi,” tambah Wahyu.

Dorong Peningkatan SDM KPU
Sementara itu pada sesi pemaparan, Anggota KPU RI Ilham Saputra mengajak jajarannya di provinsi maupun kabupaten/kota untuk meningkatkan kualitas yang masing-masing. Peningkatan kualitas tersebut tidak hanya untuk jajaran komisioner tapi juga kesekretariatan. “Mari kita semua bekerja untuk meningkatkan kualitas SDM kita, untuk kemudian kita sebagai penyelenggara pemilu mampu menyelenggarakan pemilihan kepala daerah minimal seperti Pemilu 2019 lalu,” kata Ilham.

Ilham melanjutkan bahwa semangat meningkatkan kualitas SDM sebagai tuntutan atas pencapaian meningkatnya partisipasi masyarakat di Pemilu 2019. “Peningkatan partisipasi masyarakat harus juga diikuti dengan peningkatan kita sebagai komisioner juga ASN disatker masing-masing,” lanjut Ilham.

Dan KPU RI sendiri menurut Ilham juga tengah menyiapkan SOTK guna mendukung peningkatan kualitas SDM tersebut. “Tinggal menunggu PKPU saja, agar kedepan KPU kita menjadi tetap baik, berintegritas dan mampu menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu dengan baik,” tutur Ilham.

Kepala Biro SDM Sekjen KPU RI Lucky Firnandy Majanto menambahkan bahwa direncanakan SOTK terkait kepegawaian KPU tuntas pada bulan ini dan bisa sejalan dengan kebutuhan jajaran hingga tingkat bawah. Sebab menurut dia SOTK baru tidak hanya menyangkut rekrutmen KPU provinsi dan kab/kota tapi juga pembentukan badan penyelenggara ad hoc. (hupmas kpu ri dianR/foto: dianR/ed diR)