Sen. Des 16th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

KPU Kota Balikpapan Tetapkan Pemenang Sayembara Maskot dan Jingle Pilkada Balikpapan 2020

BALIKPAPAN—Setelah melakukan penilaian oleh dewan juri, KPU Kota Balikpapan telah menetapkan juara untuk Sayembara Maskot dan Jingle Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020. Pengumuman pemenang sayembara ini ditetapkan melalui rapat pleno yang dihadiri oleh Ketua dan seluruh Komisioner KPU Kota Balikpapan pada hari Sabtu 28 September 2019.

Pengumuman pemenang untuk Maskot dan Jingle Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 ini dilalui dengan penilaian yang cukup ketat. Sebab KPU Kota Balikpapan tidak sendirian melalukan penilaian. Namun juga melibatkan juri dari luar KPU. Yaitu dari pengurus Dewan Kesenian Balikpapan atau DKB.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim mengatakan, dalam penilaian ini ada beberapa yang menjadi acuan penilaian. Di mana KPU Kota Balikpapan menetapkan juara 1, 2 dan 3 untuk sayembara maskot yang pesertanya sebanyak 29 peserta. Begitu pula untuk sayembara Jingle, juga ditetapkan juara 1,2 dan 3 dari 15 peserta.

Ia menambahkan, untuk kriteria juara diantaranya adalah maskot dan jingle yang dilombakan harus original dan belum pernah ditayangkan sebelumnya. “Jadi peserta itu memberikan karyanya harus yang asli dan tidak boleh flagiat. Atau sudah pernah muncul sebelumnya itu tidak boleh,” ujarnya.

Lalu penilaian berikutnya adalah adanya relevansi maskot  dan jingle harus sesuai dengan tema KPU. Yaitu Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020. “Jadi harus jelas, bahwa taglinenya itu adalah Pilkada Balikpapan Tahun 2020. Jadi tidak boleh bias,” imbuh Syahrul Karim.

Selain hasil karya yang diajukan itu original dan jelas taglinenya, penilaian lainnya adalah adanya unsur etika dan estetika. “Jadi untuk sayembara maskot itu, dari 29 peserta, ada 95 persen yang ada Beruang Madunya. Jadi dewan juri fokus kepada icon yang menjadi ciri khas Balikpapan. Ini khusus penilaian maskot Pilkada,” ujarnya.

Untuk sayembara Maskot Pilkada sendiri, hasil karyanya itu dapat diaplikasikan ke berbagai media promosi. Seperti baju, gantungan kunci, boneka, mug dan spanduk. Sebab harapannya adalah maskot ini menjadi sarana promosi khususnya bagi warga Kota Balikpapan. “Jadi harapannya, maskot yang menjadi juara 1  ini nanti dapat menjadi sarana promosi dan kampanye KPU Kota Balikpapan yang akan menggelar Pilkada pada tahun 2020 nanti. Jadi masyarakat ketika melihat maskot tersebut, diharapkan dapat mengingat bahwa pada 23 September nanti ada pemilihan kepala daerah,” paparnya.

Menurutnya untuk juara sayemebara maskot ini, untuk juara 1,2 dan 3 semuanya sudah terpenuhi. Halnya saja untuk juara 1 ini sangat memunculkan identitas Balikpapan, yaitu Beruang Madu dan Baju Taqwo yang merupakan baju khas warga Balikpapan. “Yang juara 1 ini menurutnya sangat identik sekali dengan Balikpapan. Maka dari itu dewan juri memutuskan sebagai juaranya,” imbuhnya.

Begitu pula untuk sayembara Jingle Pilkada, dewan juri juga telah menetapkan juaranya. Baik untuk juara 1, 2 dan 3. Untuk kriterianya sendiri diantaranya, kesesuaian   jingle dan tema. Kemudian isi jingle itu harus bersifat informatif. Jadi informatif yang dimaksud ini adalah terkait dengan Pilkada di Balikpapan pada tahun 2020. “Alhamdulillah dewan juri sudah menentukan juara 1 untuk jingle yang dinilai sangat baik. Karena seluruh informasi yang ada di dalam lirik jingle itu ada tertulis di dalam lirik jingle tersebut. Karena jingle itu kan iklan yang mengajak orang untuk tertarik. Nah di jingle yang menjadi juara ini relevansi dan konteksnya adalah mengajak orang untuk memilih pada Pilkada Balikpapan tahun 2020,” ujar Syahrul Karim lagi.

Ia juga menyebutkan, untuk juara 1 sayembara maskot dan jingle ini akan ditayangkan pada acara Launching Pilkada  yang akan digelar pada 9 Oktober 2020 yang akan datang bertempat di Dome Balikpapan. “Kami nanti akan mengundang 3500 orang. Diantaranya yang kami undang adalah Walikota Balikpapan, Forkompimda, seluruh ketua RT yang ada di Balikpapan, tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa serta dari beberapa eleman masyarakat lainnya yang ada di Balikpapan. Di situ nanti kami akan tayangkan maskot  sekaligus jingle untuk Pilkada Balikpapan Tahun 2020,” pungkas Syahrul Karim.

Adapun hasil rapat pleno KPU Kota Balikpapan, yang menjadi juara untuk Maskot adalah :

Juara 1                   :  Ahmad Ridwan Ali Syahbana

Juara 2                   :  Rabin Sonata Carlo Munthe

Juara 3                   :  Gozali

Sedang untuk lomba Jingle Pilkada Balikpapan Tahun 2020

Juara 1                   : Eko Kartono

Juara 2                   : Martinus Sanga Mamun

Juara 3                   : Januar Hamid