Ming. Nov 17th, 2019

KPU Kota Balikpapan

Situs Resmi KPU Kota Balikpapan

Gelar Pemilihan Ketua OSIS, SMP Negeri 1 Balikpapan Sekolah Pertama Adakan Pemilihan Layaknya Pemilu

BALIKPAPAN—SMP Negeri 1 Balikpapan menggelar pemilihan ketua OSIS layaknya Pemilihan Umum yang dilaksanakan di aula SMP Negeri 1 Balikpapan, Gunung Pasir, Balikpapan, Jumat pagi (11/10/2019).

Dalam pemilihan Ketua OSIS ini, ada 5 kandidat yang siap bertarung untuk meraih suara terbanyak. Mereka adalah Berliana Aprilia, Azwar Danu Pratama, Dimas Stevano E, Saraswati Ardianingrum  dan Nabila Gadistia. Kelima kandidat ini merupakan siswa kelas VIII di sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Balikpapan Arintoko S.Pd mengatakan, bahwa sebelum ditetapkannya 5 orang kandidat ini, ada 8 orang yang maju. Mereka harus melalui seleksi yang ketat. Mulai seleksi akademik dan kemampuan berorganisasi yang telah diikuti. “Sejauh mana keterlibatan mereka dalam mengikuti organisasi di sekolah. Dan ini melibatkan guru BK. Karena kan guru BK yang tahu latar belakang pengalamannya di berbagai kegiatan di sekolah,” ujar Arintoko.

Setelah mengerucut menjadi 5 calon Ketua OSIS, pihak sekolah mengadakan debat terbuka. Ke limanya tampil memukau saat digelarnya debat terbuka itu. Dengan dihadiri oleh seluruh dewan guru dan semua siswa yang digelar di halaman sekolah. “Saya juga salut dengan anak anak itu. Kreatif dan inovatif. Mereka berani tampil dengan gagasan-gagasan serta ide yang luar biasa,” ujar Arintoko lagi.

Proses pemilihan Ketua OSIS ini tak hanya diikuti oleh seluruh siswa saja. Namun juga melibatkan seluruh dewan guru yang jumlahnya 55 guru termasuk kepala sekolah. Dengan jumlah pemilih 1200 orang.

Pemilihan ini dimulai dengan pemilih pertama yaitu Kepala SMP Negeri 1 Balikpapan Arintoko diikuti oleh seluruh dewan guru. Layaknya Pemilihan Umum, Arintoko mengisi daftar hadir di KPPS, kemudian mengambil surat suara, mencoblos, memasukan surat suara ke kotak suara dan terakhir menandai jarinya dengan tinta sebagai tanda ia telah melakukan pencoblosan.

Acara pemilihan Ketua OSIS ini juga dihadiri Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim. Syahrul mengaku salut kepada SMP Negeri 1 ini. Sebab baru kali ini ada SMP yang mengadakan pemilihan Ketua OSIS dengan meminjam logistik milik KPU Kota Balikpapan serta melibatkan KPU dalam proses pemilihannya. “Selama inikan yang meminjam logistik, seperti bilik dan kotak suara itu kan siswa dari SMA dan SMK. Lah inikan siswa SMP. Berarti ini adalah SMP pertama yang mengadakan pemilihan Ketua OSIS yang melibatkan KPU di dalamnya,” ujar Syahrul Karim.

Dalam sambutannya juga, Syahrul memberikan paparan tentang pentingnya demokrasi serta pentingnya Pemilihan Umum. Di mana dalam memilih seorang pemimpin itu harus benar benar dipilih dari rakyat dengan cara LUBER dan JURDIL, yaitu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. “Nah adik adik inikan sudah menerapkan ini. Seperti langsung, artinya pemilihan ini tidak boleh diwakilkan. Jadi langsung itu yang bersangkutan memiliki hak yang sama dalam memilih pemimpinnya,” ujar Syahrul lagi.

Setelah melaksanakan pemilihan, maka panitia melakukan penghitungan suara. Di mana dari hasil penghitungan suara hasilnya adalah Berliana Aprilia (145 Suara), Azwar Danu Pratama (179 Suara), Dimas Stevano E (365 Suara), Saraswati Ardianingrum(124 Suara) dan Nabila Gadistia (153 Suara). “Dari 1200 peserta, ada 1.061 yang menggunakan hak suara. Dan saudara Dimas Stevano yang berhasil meraih suara terbanyak,” ujar Muhammad Dendi Krisnadi selaku ketua panitia.

 

Dari hasil Pemilihan Ketua OSIS ini, sekaligus membentuk kepengurusan OSIS. Untuk suara terbanyak langsung menjadi Ketua OSIS. Sedang suara terbanyak kedua, menjadi wakil ketua, berikutnya suara terbanyak ketiga hingga kelima menjadi sekretaris dan bendahara. “Ya memang begitu ketentuannya. Dalam Pemilos ini, langsung dibentuk jajaran pengurus. Suara terbanyak menjadi ketua dan seterusnya menjadi wakil ketua, sekretaris satu dan dua. Dan bendahara,” ujar Dendi lagi.